Pemkab Butuh Andil Santri dalam Membangun Rembang

Sabtu, 22 Oktober 2016 | 14:08 WIB
Upacara peringatan Hari Santri 2016 di Alun-alun Kabupaten Rembang, Sabtu (22/10/2016) pagi. (Foto: Pujianto)

Upacara peringatan Hari Santri 2016 di Alun-alun Kabupaten Rembang, Sabtu (22/10/2016) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Ribuan santri di Kabupaten Rembang tumpah ruah mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional 2016 di Alun-alun setempat, Sabtu (22/10/2016) pagi.

Upacara digelar selepas hujan yang mengguyur wilayah Kota Rembang sejak pagi, reda. Tampak para santri dari sejumlah pesantren, sekolah, pegawai pemerintah, dan organisasi di lingkup Nahdlatul Ulama.

Bupati Rembang Abdul Hafidz bertindak sebagai inspektur upacara. Di bawah tenda penghormatan, tampak para ulama sepuh seperti Kyai Haji Chazim Mabrur beserta Wakil Bupati Bayu Andriyanto.

Upacara juga dimeriahkan oleh marching band dari Pesantren Al-anwar Sarang. Barisan Ansor Serbaguna (Banser) pun turut unjuk kebolehan dengan menampilkan senam banser.

Tampak pula Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Rembang Muhammad Ansori dan petinggi organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) setempat.

Ansori menyatakan mengapresiasi peringatan Hari Santri sekaligus mendukungnya sebagai rangkaian upaya untuk mencapai persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

“Walaupun mayoritas (peserta upacara Hari Santri) berasal dari komunitas NU, kami dari Muhammadiyah mendukung. Kami melihat esensinya bagaimana membangun mentalitas dan karakter bangsa,” ujarnya.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, santri perlu ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara dan daerah. Santri menurutnya perlu juga menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dan kebangsaan.

“Sikap dan perilaku santri harus dibawa sampai mati. Nggak boleh luntur. Pondasi hidup saya ya santri itu. Pemerintahan harus diwarnai oleh santri. Tidak bisa dipisahkan,” pungkasnya.

Pada kesempatan menjelang berakhirnya upacara Hari Santri, Hafidz sempat meminta hadiah pembacaan Surat Alfatihah dari tiap peserta dan hadirin guna keberkahan Kabupaten Rembang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan