Pemindahan Narapidana ke Rutan Luar Daerah Dikaji

Jumat, 4 Agustus 2017 | 22:39 WIB

Aparat dari Polres Rembang menggeledah Rutan Kelas IIB Rembang guna mengantisipasi kasus tahanan kabur seperti yang terjadi di Lapas Nusakambangan baru-baru ini. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Rembang berencana memindahkan sejumlah narapidana ke Rutan lain. Pasalnya, rumah tahanan tersebut kini mengalami kelebihan penghuni.

Kepala Rutan Kelas IIB Rembang Ruspriyatno mengatakan, pihaknya sedang mengkaji daftar narapidana yang akan dipindah ke Rutan lain. Pihaknya menanti petunjuk dari Kementerian Hukum dan HAM Jateng.

“Kami tidak akan sembarangan dalam memindahkan narapidana ke Rutan lain. Ada kriteria tertentu yang kami tentukan antara lain jenis perkara pidananya,” katanya kepada wartawan, Jumat (4/7/2017) pagi.

Ia menyebutkan, Rutan Rembang dihuni oleh 148 orang. Padahal kapasitas rumah tahanan tersebut hanya 112 orang. Sementara jumlah petugas di Rutan ini hanya 36 orang. Itu pun termasuk Kepala Rutan.

Rumah tahanan yang berada di bilangan Jalan Diponegoro ini terdiri atas dua blok; blok tahanan dan narapidana. Di dalamnya terdapat 28 kamar dengan ukuran bervariasi. Terbesar, kamarnya dihuni 30 orang.

Sementara kamar terkecil dihuni oleh lima orang saja. Adapun kamar dengan ukuran sedang dihuni oleh hanya 20 orang. Sebenarnya ada lagi delapan kamar sel, tetapi tidak bisa ditempati dan tak bisa diubah.

“Soal petugas, boleh dibilang kewalahan melayani penghuni Rutan sebanyak itu. Untungnya, situasi masih kondusif. Jika pun ada pertengkaran, sekadar pertikaian kecil dan masih bisa diatasi,” kata dia.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan