Pembunuh Rika Diancam Hukuman Mati

Rabu, 19 Desember 2012 | 20:17 WIB

REMBANG – MataAirRadio.net, Kepolisian Resor Rembang akan menjerat tersangka pelaku pembunuh penyanyi asal Dengkek Pati, Rika Okdiana (19), Briptu Suparno dengan primer Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Ancaman hukumannya mati atau pidana penjara seumur hidup.

Kapolres Rembang Ajun Komisaris Besar Polisi Adhy Fandy Ariyanto kepada reporter MataAir Radio, Rabu (19/12), mengungkapkan, selain dijerat dengan primer Pasal 340 KUHP, tersangka juga diancam subsider Pasal 338 dengan ancaman hukuman penjara paling lama lima belas tahun dan lebih subsider Pasal 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Kapolres juga mengungkapkan, proses penyidikan terhadap tersangka pelaku pembunuhan ini segera tuntas sehingga berkas perkaranya secepatnya akan dikirim ke Kejaksaan Negeri Rembang.

Menanggapi jerat Pasal yang dikenakan untuk tersangka pelaku pembunuhan yang merupakan oknum anggota Satuan Sabhara Polres Pati tersebut, Kuasa Hukum Briptu Suparno Darmawan Budiharto enggan banyak menanggapi.

Hanya, Darmawan berharap, kliennya bisa mendapatkan vonis hukuman seringan-ringannya. Apalagi, menurutnya, segala kemungkinan masih bisa terjadi sehingga ia enggan berspekulasi soal nasib kliennya karena keputusan atas kasus ini baru akan bisa diperoleh melalui rangkaian proses persidangan.

Darmawan Budiharto juga berharap, kliennya bisa menjalani reka ulang di tempat kejadian perkara (TKP), tidak di Mapolres Rembang, apabila rekonstruksi memang dikehendaki penyidik.

Menurutnya, reka ulang kasus pembunuhan di TKP akan semakin menjelaskan posisi sebenarnya tersangka dalam menghabisi nyawa korban. Namun, jika ada pertimbangan dari penyidik terkait keamanan bagi tersangka, pihaknya menyerahkan keputusan itu kepada pihak kepolisian.

Darmawan Budiharto mengungkapkan, tersangka dalam kondisi kesehatan yang baik, meski diakuinya bahwa kliennya ini tertekan secara psikis sehingga sering linglung. Namun, kunjungan dari orang tua dari tersangka pelaku dan teman-teman dekatnya cukup memberikan dukungan yang berarti.

Kepada reporter MataAir Radio, Darmawan juga mengungkapkan, berkas perkara atas kliennya diyakini belum akan lengkap dalam waktu dekat, sehingga pihaknya yakin penahanan terhadap tersangka Suparno akan diperpanjang untuk 40 hari berikutnya.

Mengenai penuntasan berkas kasus pembunuhan ini di tingkat kepolisian, sebelumnya Kapolres Rembang Ajun Komisaris Besar Polisi Adhy Fandy Ariyanto menyatakan, akan merampungkannya sebelum 120 hari sejak tersangka pelaku ditahan di Mapolres setempat. (Pujianto)




One comment
  1. Bangkit SA

    Desember 27, 2012 at 1:32 am

    Semoga Keadilan bisa benar-benar ditegakkan meskipun itu Pelakunya adalah Oknum anggota Polri sendiri. Sehingga bagi keluarga korban yang notabene orang kecil juga bisa merasakan bahwa Negara ini benar-benar menjamin Hak setiap warga negaranya untuk mendapatkan Keadilan. Bagi Institusi Polri sendiri hal ini sebagai ajang untuk membuktikan bahwa Polri Komit dalam penegakan hukum tanpa pandang bulu sehingga Citranya menjadi baik dan semakin dicintai rakyat sehingga Grand Design Polri tahap ke 2 TRUST BUILDING bisa terwujud. Salam Hormat.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan