Pelantikan Kades Terpilih “Fix” Digelar 16 Desember

Wednesday, 7 December 2016 | 17:03 WIB
Kepala desa baru, dilantik oleh Bupati Rembang Moch Salim pada akhir tahun 2013. (Foto: Pujianto)

Kepala desa baru, dilantik oleh Bupati Rembang Moch Salim pada akhir tahun 2013. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Pemerintah Kabupaten Rembang menyatakan pelantikan calon kepala desa (kades) terpilih “fix” digelar pada 16 Desember mendatang bertepatan dengan hari Jumat.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang Akhsanuddin mengungkapkan, pelantikan calon kades terpilih hasil dari pemilihan kepala desa pada 30 November lalu akan digelar di Pendapa Museum Kartini.

“Alasan digelar pada tanggal itu karena agenda Pemkab cukup banyak. Ada pelantikan Sekda dan pelantikan pejabat pengisi SOTK baru sehingga Bupati mengharapkan maju, sehingga ditentukan 16 Desember 2016,” katanya.

Ia menjelaskan, pada pelantikan tersebut, setiap calon kades terpilih akan mengenakan seragam sebagaimana yang dikenakan oleh kepala desa yang dilantik atas hasil Pilkades serentak pada tahun 2013 lalu.

“Seragam ya pakai seragam yang seperti biasa pelantikan kades. Yang putih-putih itu. Kemarin calon kades terpilih sudah kita undang mengenai seragam pelantikan tersebut,” ujarnya kepada mataairradio.com, Rabu (7/12/2016).

Mengenai pengadaan seragam pelantikan, Akhsanuddin menyatakan memberikan keleluasaan kepada calon kades terpilih, apakah mau bikin sendiri atau meminta fasilitasi dari pihak Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang.

“Soal seragam diputuskan kemarin, yang petahana pakai seragam yang sudah ada, sedangkan yang baru; minta difasilitasi oleh kami dan kami sudah bikinkan di Semarang. Harga total Rp1,5 juta. Dibayar oleh tiap pribadi,” katanya.

Mengingat sisa waktu menuju pelantikan yang hanya sembilan hari, ia menyatakan cukup waktu karena seragam pelantikan dijanjikan jadi pada 12-14 Desember 2016 atau sehari sebelum geladi resik pelantikan calon kades terpilih.

Pelantikan 43 calon kades terpilih akan dilakukan dengan menganut prosedur tetap lama, yaitu dengan sambutan tunggal oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz.

“Nanti selepas pelantikan atau sebelum akhir Desember, para kades ini akan kita berikan pembekalan penguatan oleh Forkompimda, termasuk pembekalan teknis kepada kepala desa yang baru,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan