Partisipasi Pemilih pada Pilgub Jateng di Rembang Naik 13 Persen

Kamis, 28 Juni 2018 | 13:49 WIB

Seorang pemilih hendak menggunakan hak suaranya di salah satu TPS di Desa Grawan Kecamatan Sumber pada Pilgub Jateng, Rabu 27 Juni 2018. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada Rabu (27/6/2018) kemarin di Kabupaten Rembang meningkat dibandingkan pesta demokrasi lima tahun yang lalu.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud mengatakan, berdasarkan perhitungan secara cepat menggunakan formulir C1KWK, tingkat partisipasi pemilih mencapai 65,1 persen.

Angka partisipasi ini meningkat 13-an persen dibandingkan pada Pilgub Jateng 2013 di Kabupaten Rembang yang hanya 52 persen.

“Terdongkraknya tingkat partisipasi pemilih antara lain karena sentimen kedaerahan (mengingat Calon Wakil Gubernur Taj Yasin berasal dari Desa Karangmangu Kecamatan Sarang, Rembang),” katanya.

Selain itu, diduga dampak dari kinerja para tim pemenangan tiap pasangan calon serta masifnya sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Rembang.

Kamis (28/6/2018) ini, KPU melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilgub, di masing-masing kecamatan setelah sebelumnya rekapitulasi dilakukan di tingkat desa.

Dari perhitungan secara cepat dengan formulir yang sama, diketahui bahwa di Kabupaten Rembang, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin meraup suara 71 persen, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah 29 persen. Ganjar-Yasin unggul di tiap kecamatan.

“Hasil secara pasti Pilgub Jateng 2018, baru akan bisa diketahui pada 4 Juli mendatang melalui rekapitulasi di tingkat kabupaten,” tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan rilis dari berbagai lembaga survei, pasangan Ganjar-Yasin mencatatkan keunggulan atas pasangan Sudirman-Ida pada Pilgub Jawa Tengah.

SMRC misalnya mencatatkan Ganjar-Yasin dengan perolehan 58,58 persen, sedangkan Sudirman-Ida 41,42 persen.

Begitu pun dengan hasil hitung cepat Litbang Kompas. Ganjar-Yasin meraup 58,34 persen, sedangkan Sudirman-Ida 41,66 persen.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan