Partai Berkarya Tidak Memenuhi Syarat Verifikasi Faktual Keanggotaan

Jumat, 12 Januari 2018 | 18:51 WIB

KPU Kabupaten Rembang melakukan verifikasi faktual terhadap kantor DPD Partai Berkarya setempat pada Kamis (4/1/2017) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – KPU Kabupaten Rembang menyatakan Partai Berkarya tidak memenuhi syarat verifikasi faktual keanggotaan yang dilakukan sejak tanggal 2-12 Januari 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftukhin menjelaskan, sampel dukungan keanggotaan yang memenuhi syarat untuk Partai Berkarya hanya 40, sedangkan batas minimalnya 62 orang.

Sementara satu partai lain, yaitu Garuda dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual keanggotaan.

Dari 101 sampel dukungan keanggotaan Garuda, 63 di antaranya memenuhi syarat, sehingga lolos.

“Kalau verifikasi faktual kantor yang mencakup kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan keterangan domisili; dua-duanya lolos.

Tapi untuk verifikasi faktual keanggotaan, Berkarya tidak memenuhi syarat,” bebernya seusai menyerahkan berita acara hasil verifikasi faktual kepada Partai Garuda dan Berkarya.

Maftukhin menambahkan, Partai Berkarya diberikan waktu perbaikan berkas dukungan mulai tanggal 13-26 Januari 2018.

“Mereka wajib mengajukan dokumen baru, perbaikan, berisi daftar nama dan salinan KTP-KTA,” jelasnya.

Jumlahnya 10 kali lipat dari kekurangan atas batas minimal 625 dukungan atau 62 sampel. Artinya, Berkarya harus mengajukan 225 daftar nama berikut KTP-KTA untuk diambil sampel sepuluh persen.

“Daftar nama baru itu, tidak harus menyebar di seluruh kabupaten, tetapi bisa fokus ke satu atau dua wilayah saja. Asalkan memenuhi syarat kekurangan dukungan untuk diverifikasi faktual lagi,” katanya.

Verifikasi faktual terhadap daftar nama serta KTP-KTA baru dari Partai Berkarya akan dilakukan mulai tanggal 27 Januari mendatang.

Ketua DPC Partai Garuda Rembang Eko Prasetyo menyatakan bersyukur karena partainya lolos verifikasi faktual.

“Kami kini tinggal menanti hasil verifikasi secara provinsi dan nasional,” ujarnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan