PAN Jadi Pengganjal Pembentukan AKD di DPRD Rembang

Rabu, 11 September 2019 | 20:21 WIB

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi penghambat pembentukan AKD (Alat Kelengkapan Dewan) pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rembang.

Hal itu disebabkan oleh salah satu legislator dari PAN yang belum masuk ke dalam fraksi manapun. Fraksi di DPRD Rembang periode 2019-2024 sendiri sudah terbentuk sebanyak enam fraksi, namun ada satu parpol yang belum menentukan pilihan fraksi.

Berdasarkan peraturan yang berlaku, setiap Parpol harus masuk dalam salah satu fraksi. Aturan membentuk fraksi minimal mempunyai empat kursi di DPRD.

Jika jumlah perolehan kursi oleh salah satu Parpol kurang dari empat kursi, maka Parpol yang bersangkutan harus bergabung dengan Parpol lain untuk membentuk fraksi.

Enam fraksi yang sudah terbentuk tersebut adalah Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Kebangkitan Bangsa, dan Fraksi Nasional Demokrat.

Kemudian Fraksi PDI-P, Fraksi Demokrat, serta fraksi gabungan Karya Indonesia Sejahtera, yang di dalamnya ada PKS, Gerindra dan Golkar.

Anjar Krisniawan, Legislator Partai Golkar menjelaskan, jika seluruh Parpol yang mendapatkan kursi di DPRD belum masuk ke dalam fraksi, maka pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD), yang meliputi Komisi dan Badan Anggaran (Banggar) belum bisa di bentuk.

“Ya kalau Parpol belum masuk semua, maka AKD belum bisa di bentuk. Kita masih menunggu keputusannya Bu Sahningsih dan juga DPD PAN,” ungkapnya.

Anjar menyebutkan, jumlah Fraksi pada DPRD Rembang Periode 2019-2024 lebih sedikit, jika dibandingkan dengan periode 2014-2019. Periode sebelumnya jumlah fraksi yang terbentuk sebanyak tujuh, sedangkan periode sekarang ada enam Fraksi.

Ia menambahkan, batas maksimal pembentukan fraksi adalah 30 hari pasca pelantikan, namun apabila terbentuk lebih cepat maka kerja-kerja kedewanan akan berjalan lebih optimal.

“Maksimal terbentuk 30 hari setelah pelantikan, masa mau dihabiskan? kalau bisa terbentuk lebih cepat kan lebih baik. Kita akan rencanakan rapat konsultasi agar secepatnya selesai,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPD PAN Sukarmain saat dihubungi Reporter mataairradio.com pada Rabu (11/9/2019) siang belum memberikan statemen resmi atas sikap PAN dalam pebentukan fraksi di DPRD Rembang.

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor : Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan