Operasional Kafe Karaoke Kembali Disetop selama Ramadan

Sabtu, 5 Mei 2018 | 21:55 WIB

Petugas dari Satpol PP Kabupaten Rembang menyegel salah satu kafe karaoke yang tidak berizin, Sabtu (19/11/2016). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Rembang akan kembali menyetop operasional kafe karaoke selama bulan Ramadan, seperti tahun lalu.

Delapan pemilik kafe karaoke yang telah mengantongi izin usaha jasa kepariwisataan dari Pemkab Rembang akan dipanggil untuk diberi sosialisasi.

Menurut Kepala Bidang Ketertiban Umum, Ketertiban Masyarakat, dan Penegakan Perda pada Satpol PP Kabupaten Rembang Heru Susilo, pemanggilan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sementara ini, pihaknya sedang menggodok kebijakan penerapan kembali pembatasan operasional kafe karaoke selama bulan Puasa.

“Jika mengacu ketentuan tahun lalu, maka kafe karaoke wajib tutup sejak H-2 Ramadan, selama bulan Puasa, hingga 10 hari setelah 1 Syawal,” katanya.

Disinggung mengenai perlakuan terhadap warung kopi berfasilitas karaoke, apakah akan ditutup total atau cukup dibatasi, Heru akan bicara lebih dulu dengan pihak dinas pariwisata.

Selama ini, menurutnya, terdapat beda penafsiran. Warung kopi dengan fasilitas karaoke dikategorikan sebagai usaha jasa kepariwisataan atau sekadar usaha mikro kecil.

“Penafsiran berbeda menimbulkan kegamangan bagi Satpol dalam menindak warung kopi berfasilitas karaoke,” katanya.

Ia tak mengingkari, warung kopi dengan fasilitas tambahan karaoke dan pramusaji berpakaian tak seronok, meresahkan. Seperti di daerah Gunung Bugel, Kaliombo, dan Rembang Kota.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Chris Prasetyana mengakui, pengusaha kafe karaoke akan dipanggil dalam waktu dekat.

Menurutnya, kebijakan yang berlaku pada tahun lalu, kemungkinan besar kembali diterapkan.

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan