Operasi Zebra: Tingkat Kesadaran Pakai Helm Rendah

Jumat, 25 November 2016 | 21:08 WIB
Operasi Zebra Candi 2016 mengetengahkan kenyataan bahwa tingkat kesadaran mengenakan helm bagi pengendara sepeda motor masih relatif rendah. Tercatat 673 pengendara yang kedapatan tidak mengenakan helm saat berkendara. (Foto: mataairradio.com)

Operasi Zebra Candi 2016 mengetengahkan kenyataan bahwa tingkat kesadaran mengenakan helm bagi pengendara sepeda motor masih relatif rendah. Tercatat 673 pengendara yang kedapatan tidak mengenakan helm saat berkendara. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Tingkat kesadaran dari para pengendara atau pembonceng sepeda motor dalam mengenakan helm masih relatif rendah di Kabupaten Rembang, setidaknya hingga Jumat (25/11/2016).

Pasalnya, dari hasil Operasi Zebra Candi sementara ini, tingkat pelanggaran terbanyak adalah tidak mengenakan helm dengan 673 pengendara disusul pelanggaran terhadap markah dan rambu jalan 374 pengendara.

“Sampai dengan 24 November kemarin, pelanggaran tidak menggunakan helm paling banyak, sedangkan pelanggaran melawan arus menjadi yang paling sedikit dengan 116 pengendara,” ungkap Kasatlantas Polres Rembang AKP Muh Rikha Zulkarnain.

Menurutnya, pelanggaran dalam bentuk tidak mengenakan helm terbilang fatal, karena piranti tersebut penting untuk menunjang keselamatan saat berkendara di jalan raya.

“(helm) Tentu penting. Penting sebagai pengaman, jika terjadi kecelakaan di jalan. Intinya, hampir semua kejadian kecelakaan, selalu didahului dengan pelanggaran. Tidak mengenakan helm adalah pelanggaran,” tandasnya.

Sejak Operasi Zebra Candi digelar per 16 November lalu hingga hari kesembilan kemarin, tercatat sedikitnya enam kasus kecelakaan lalu lintas, tetapi tidak sampai merenggut korban jiwa.

“Sejauh ini tidak ada kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia atau luka berat. Hanya 10 orang luka ringan dari enam kasus kecelakaan dalam kurun sembilan hari kemarin,” tegasnya.

Operasi Zebra Candi yang akan berlangsung hingga 29 November nanti masih fokus terhadap tiga sasaran utama penindakan; pelanggaran rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan, dan melawan arus lalu lintas.

Pihak Satlantas Polres Rembang mencatat, jenis pelanggaran lain dalam Operasi Zebra Candi yaitu tidak memasang sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih 118 pengendara.

“Penggunakan knalpot yang tidak sesuai tujuh pengendara. Kami juga memberikan teguran terhadap 250 pengendara yang kedapatan akan melanggar peraturan lalu lintas,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan