Mutu Proyek Jembatan Karanggeneng Diragukan

Rabu, 14 Agustus 2013 | 21:18 WIB
Perbaikan jembatan Karanggeneng akan dihentikan untuk sementara pada H-7 Lebaran atau pada Kamis 1 Agustus 2013. (Foto:Puji)

Perbaikan jembatan Karanggeneng (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Bina Marga Provinsi Jawa Tengah akan mengecek mutu proyek perbaikan total Jembatan Karanggeneng. Pengecekan tersebut menyusul dugaan penggunaan batu yang tidak sesuai standar. Batu yang digunakan untuk landasan oprit atau penghubung jembatan diduga batu sejenis tras, padahal mestinya andesit. Kualitas proyek jembatan itu pun diragukan.

Pejabat Pembuat Komitmen Perbatasan Rembang-Jatim Danang Tri Wibowo yang dihubungi dari Rembang, Rabu (14/8) siang mengatakan, pengecekan mutu diantaranya akan dilakukan dengan mengecek kekerasan konstruksinya.

Jika ternyata batu dan konstruksinya tidak sesuai spesifikasi, maka wajib dilakukan pembongkaran dan penggantian. Dalam hal pengecekan, Danang mengaku akan melibatkan kontraktor itu sendiri, Bina Marga, maupun pihak independen. Sebelum pengecekan, alat pemeriksanya akan terlebih dahulu distandarkan.

Danang menyatakan belum mendapat komplain langsung dari warga mengenai kualitas proyek yang diduga tidak sesuai standar. Ia berharap, pelaksana proyek melakukan pekerjaannya secara baik dan sesuai standar. Sebagaimana diketahui, proyek perbaikan total Jembatan Karanggeneng digarap oleh PT Bangun Makmur Utama.

Sementara itu, penanganan proyek perbaikan tiga jembatan di Jalur Pantura Rembang, menurut Danang akan dilanjutkan paling lambat mulai 19 Agustus mendatang. Kualitas oprit di kedua sisi Jembatan Karanggeneng akan dirampungkan dan dicek kualitasnya terlebih dahulu, sebelum membongkar bagian tengah jembatan.

Sedangkan untuk Jembatan Babagan Lasem, pekerjaan akan diteruskan dengan menggarap pelebaran jembatan, karena bagian tengah tidak dilakukan pembongkaran. Untuk Jembatan Ngacor Kragan, kelanjutannya sebagaimana Jembatan Karanggeneng.

Pada kesempatan terpisah, pihak Satlantas Polres Rembang sudah menyiapkan rekayasa penganan macet akibat pelanjutan proyek perbaikan jembatan tersebut. Jalur alternatif di wilayah Rembang-Sumber-Pati sudah bisa dimanfaatkan untuk lintasan mobil pribadi karena Jembatan Megulung sudah selesai diperbaiki. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan