Inilah Kado dari Mufti Suriah untuk Gus Mus

Sabtu, 13 April 2013 | 16:50 WIB
KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus mendapatkan kado berupa gamis khas Suriah dan Tafsir Alquran Ar-Rohib 32 jilid dari Syekh Muhammad Rajab Dib, Jumat 12 April kemarin. (Foto:Wahyu)

KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus mendapatkan kado berupa gamis khas Suriah dan Tafsir Alquran Ar-Rohib 32 jilid dari Syekh Muhammad Rajab Dib, Jumat 12 April kemarin. (Foto:Wahyu)

REMBANG, MataAirRadio.net – KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus mendapat kado istimewa dari seorang mufti atau pemimpin Islam Suriah, Syekh Muhammad Rajab Dib. Kado tersebut berupa gamis khas Suriah dan Tafsir Alquran “Ar-Rohib” 32 jilid yang ditulis sang syeikh selama 60 tahun.

Syeikh Rojab melalui penerjemahnya, Kyai Haji Anang Rikza Masyhadi menjelaskan, kado tersebut diberikan secara khusus kepada Gus Mus sebagai bentuk kehormatan.

Menurut Kyai Anang, jubah atau gamis yang diberikan kepada Gus Mus itu asli buatan Suriah, sedangkan tafsir Alquran yang diserahkan baru sekitar dua minggu lalu rampung ditulis oleh sang syekh.

Syekh Rajab yang kini berusia 83 tahun itu, merupakan mufti atau salah seorang pemimpin Islam di Suriah yang sudah hafal Alquran sejak umur 13 tahun dan hafal sekitar 40.000 hadist saat berusia 22 tahun.

Sementara itu, kedatangan Syekh Muhammad Rajab Dib yang bermazhab ahlussunah itu disambut oleh tokoh masyarakat, guru, dan para santri di Aula Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang pada Jumat (12/4) siang.

Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Suriah, Kyai Haji Muzammil Basyuni yang turut dalam rombongan itu menambahkan, Syekh Muhammad Rajab Dib merupakan Pimpinan Tariqat Naqsabandiyah Suriah dan dalam pemerintahan juga mendapat kehormatan sebagai guru utama bagi para guru di Suriah.

Mantan Dubes kelahiran Sidowayah Rembang ini menjelaskan, lawatan Syekh Rajab ke Indonesia kali ini mengagendakan pertemuan tariqat tingkat nasional di Malang, Jawa Timur.

Syekh Rajab juga bersilaturahim ke beberapa pondok pesantren, di antaranya ke Pondok Modern Tazakka Kabupaten Batang, Kaliwungu Kendal, Pekalongan, Jepara, Rembang, Sarang, Tuban, Malang, Surabaya, dan pondok Tambakberas Jombang.

Selepas dari Jombang, Syeikh Rajab dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan ke Bandung dan terakhir akan bertemu dengan Imam Besar Masjid At-Tin Jakarta yang juga mantan Menteri Agama Republik Indonesia Kyai Haji Maftuh Basyuni.

Untuk diketahui, Syekh Muhammad Rajab Dib beserta rombongan berada di Indonesia selama 19 hari dan dijadwalkan sudah akan bertolak kembali ke Suriah pada 24 April mendatang. (Wahyu Salvana)

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. saif

    Juni 7, 2013 at 10:46 am

    kado indah dari seorang syech rojab yang mulia…

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan