Menteri Rini Minta Bulog Kendalikan Harga GKP di atas Rp4.000/Kilogram

Jumat, 9 Maret 2018 | 21:07 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno saat panen raya di lahan milik Kusaeri di Desa Soditan Kecamatan Lasem, Jumat (9/1/2018). (Foto: mataairradio.com)

 

 

LASEM, mataairradio.com – Menteri Badaan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta kepada pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengendalikan gabah kering panen sehingga terus berada di atas Rp4.000 per kilogram.

Permintaan ini disampaikan Rini saat melakukan panen raya padi di Desa Soditan Kecamatan Lasem, Jumat (9/3/2018) siang.

“Bulog agar mau membeli gabah petani serta agar menjaga harga gabah (kering panen) tetap di atas Rp4.000,” katanya.

Pada acara ini Rini datang bersama Kepala Divisi Regional Bulog Jawa Tengah Joni Nur Ashari dan Kepala Sub-Divisi Regional Bulog Pati Mohammad Taufiq.

“Kami juga berpesan kepada petani untuk tetap semangat berusaha bertani,” tandas Rini.

Pada panen raya ini, Menteri BUMN juga mengapresiasi mutu panen padi petani karena tingkat kadar airnya yang rendah.

“Tadi kita panen tiga hektare dari luasan 82 hektare. Produksi tujuh ton per hektare. Harga Rp4.100 per kilogram. Itu (produktivitas) tergolong bagus,” tandas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Suratmin.

Menteri Rini menyempatkan pula dialog dengan petani setempat. Trimo, salah seorang petani di Lasem usul agar bantuan traktor dan mesin pemanen padi ditambah.

“Ajukan saja, Insya Allah kita dukung. Untuk itu, BRI dan Bulog agar selalu monitor apa yang disampaikan para petani biar terdukung semua yang dikehendaki kebutuhan di lapangan,” jawab Rini.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan