Meledak, Kapal Motor Nelayan Kragan Ludes Terbakar

Rabu, 7 September 2016 | 23:03 WIB
Kobaran api yang tampak dari daratan Pantai Desa Karanganyar Kecamatan Kragan, Rabu (7/9/2016) malam. (Foto: mataairradio.com)

Kobaran api yang tampak dari daratan Pantai Desa Karanganyar Kecamatan Kragan, Rabu (7/9/2016) malam. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kapal Motor Nelayan bernama lambung Agung Jaya dilaporkan ludes terbakar pada Rabu (7/9/2016) petang di Perairan Desa Karanganyar Kecamatan Kragan.

Kapal penangkap ikan terbakar, setelah pada sekitar pukul 15.00 WIB, selesai membongkar hasil tangkapan. Jarak kapal berlabuh dengan TPI Karanganyar sekitar satu mil atau 1,6 kilometer.

Warga setempat sempat mendengar suara ledakan, diduga dari tabung elpiji di kapal itu, sebelum kepulan asap membubung dan api berkobar membakar bahtera jenis purseseine ini.

“Waktu itu, sekitar pukul 18.00, saya mau magrib. Tiba-tiba dengar ledakan dan saya lihat ada kobaran api dari laut, tempat berlabuh KM Agung Jaya. Terus saya kabarkan ke Mas Pramono untuk diteruskan ke Pak Haji Raswi selaku pemilik kapal,” tutur Jambari, salah seorang saksi.

Mendengar kabar tersebut, Raswi yang warga Desa Karanganyar segera mengontak nahkoda kapalnya, Sulkan, agar meminjam perahu warga dan mengajak empat orang anak buah kapal untuk turut memadamkan api di lokasi kejadian.

Selanjutnya dibantu oleh sekitar 20-an warga Desa Karanganyar, Sulkan bersama empat ABK Agung Jaya, berupaya melakukan pemadaman api di perairan, tetapi amukan si jago merah tak berhasil dibendung. Kapal ludes.

Sementara di seberang perairan, armada pemadam kebakaran yang tiba kemudian, tak bisa berbuat apa-apa. Jarak objek yang terbakar dengan daratan, cukup jauh, sedangkan selang pemadam tidak memadai.

Akibat kebakaran ini, tidak ada personel yang menjadi korban. Namun kapal dan jaring purseseine mengakibatkan kerugian hingga sekitar satu miliar rupiah lebih. Pihak Polsek Kragan sedang menyelidiki kasus ini.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan