Mayoritas Parpol Usul Dapil Pemilu 2019 Tetap

Senin, 12 Februari 2018 | 18:53 WIB

Draf IV, usulan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD untuk Kabupaten Rembang pada Pemilu 2019 yang digagas Partai Garuda dan PKPI. (Foto: cetak layar dari publikasi KPU Kabupaten Rembang)

 

REMBANG, mataairradio.com – Mayoritas partai politik (Parpol) mengusulkan daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2019 tetap sebagaimana Pemilu 2014.

Usulan ini terungkap saat uji publik rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten untuk Pemilu 2019 di Rembang, Senin (12/2/2018) siang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang Minanus Suud menyebutkan, dari 15 Parpol yang dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual di daerah ini, sembilan Parpol usul agar daerah pemilihan tetap tujuh Dapil.

Sementara, enam Parpol lainnya mengusulkan agar Dapil diubah menjadi lima saja. Namun enam Partai ini berbeda usulan soal gabungan kecamatan per dapil.

Penataan Dapil dan alokasi kursi legislator untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Rembang pun terbagi menjadi tiga usulan.

“Tiga usulan ini kami tuangkan pada berita acara yang akan kami kirimkan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah guna dilakukan rekapitulasi,” katanya kepada mataairradio.

Apabila tetap tujuh, maka Dapil Rembang I adalah Rembang Kota dengan enam kursi, Dapil II Lasem-Pancur enam kursi, Dapil III Kragan-Sluke tujuh kursi, Dapil IV Sarang-Sedan enam kursi, Dapil V Pamotan-Sale enam kursi, Dapil VI Gunem-Sulang-Bulu enam kursi, dan Dapil VII Sumber-Kaliori dengan enam kursi.

Sementara jika diubah menjadi lima Dapil sesuai usulan PPP, PKS, PBB, dan Hanura, maka Dapil I Rembang-Kaliori sembilan kursi, Dapil II Sumber-Sulang-Bulu tujuh kursi, Dapil II Pamotan-Gunem-Sale delapan kursi,
Dapil IV Pancur-Sedan-Sarang 10 kursi, dan Dapil V Lasem-Sluke-Kragan 11 kursi.

Adapun jika diubah menjadi lima Dapil sebagaimana usulan Partai Garuda dan PKPI, maka Dapil I Rembang-Kaliori sembilan kursi, Dapil II Sumber-Sulang-Bulu-Gunem sembilan kursi, Dapil III Pamotan-Sedan-Sale 10 kursi,
Dapil IV Kragan-Sarang sembilan kursi, dan Dapil V Sluke-Lasem-Pancur delapan kursi.

“Secepatnya kami akan mengirimkan berita acara usulan penataan Dapil ini ke KPU Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Menurutnya, KPU provinsi memiliki waktu rekapitulasi hingga bulan Maret nanti, sedangkan penetapan Dapil dan alokasi kursi legislator, secara nasional akan ditetapkan pada 5 April 2018.

Sekretaris DPC Partai Garuda Kabupaten Rembang Henry Wahyudi mengonfirmasi usulan partainya yang menginginkan penataan Dapil sebagaimana draf IV.

“Sebagai partai baru, kami lebih nyaman bila Dapil lebih kecil. Apalagi melihat dalam formasi tujuh Dapil, Gunem dan Sale, sering tercecer,” katanya.

Menurutnya, pengampuan dari legislator terpilih terhadap anggota partai di Kecamatan Gunem dan Sale, cenderung minim. Terlebih, baik di Sale maupun Gunem, tidak ada anggota dewan.

“Belum lagi muncul pula anggapan bahwa jarak konsituen di dua kecamatan ini dengan legislator terpilih, terpaut jauh, sehingga mereka seakan terabaikan,” ujarnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan