Mayoritas Parpol di Rembang Ingin Dapil Tetap

Kamis, 21 Desember 2017 | 18:05 WIB

Logo KPU.

 

REMBANG, mataairradio.com – Mayoritas partai politik di Kabupaten Rembang menginginkan agar daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Umum Legislatif 2019 tetap atau seperti di Pemilu 2014.

Partai Golkar misalnya. Ketua DPD Partai Golkar Rembang Gatot Paeran mengatakan, Pemilu dengan tetap tujuh Dapil di daerah ini, tidak melanggar aturan. Selain itu untuk memudahkan masyarakat.

Ia khawatir, dengan perubahan Dapil masyarakat awam menjadi sulit menerima. Namun Gatot menyatakan siap mematuhi aturan bila akhirnya daerah pemilihan untuk Rembang berubah menjadi lima.

“Sebaiknya sih Dapil tetap tujuh. Tapi kalau nantinya disepakati lain, misalnya lima, pendekatannya pakai kawedanan saja. Tapi karena tidak melanggar aturan, kenapa tidak tetap saja,” katanya.

Pada kesempatan lain, PKS melemparkan harapan agar di Rembang dibuat lima Dapil saja. Anggota DPRD Rembang dari PKS Joko Suprihadi mengatakan, dengan sedikit Dapil, maka biaya politik tidak tinggi.

“Kalau Dapilnya banyak, biaya politik jadi tinggi,” katanya.

Selain itu, tingkat kompetisi antarcalon, menurutnya, menjadi tidak sebegitu sengit.

“Sebab, arena kompetisi menjadi lebih luas, sedangkan jumlah pemilih menjadi lebih banyak ketimbang tujuh Dapil,” katanya.

Joko mengaku tidak hafal dengan rincian lima daerah pemilihan yang diusulkan oleh PKS.

“Saya tidak hafal lima Dapil itu. Tapi simulasinya sudah dikirimkan PKS ke KPU,” ujarnya.

Ia mengklaim, sedikit Dapil mendorong pendidikan politik lebih baik, dan mengikis pragmatisme pemilih.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Muhammad Salam mengatakan, penetapan Dapil menjadi wewenang KPU Pusat.

“KPU kabupaten hanya mengusulkan, sedangkan KPU provinsi cuma meneruskan, yang menetapkan KPU Pusat,” katanya.

Pihaknya sudah dua kali sosialisasi mengenai daerah pemilihan.

Kamis (21/12/2017) ini, KPU Kabupaten Rembang menggelar sosialisasi mengenai rancangan Dapil dan alokasi kursi di parlemen.

Saat sosialisasi, diakuinya ada partai yang ingin Dapil tetap, tapi juga ada yang ingin berubah. Salam menyebutkan, usulan Dapil ke KPU provinsi dan Pusat akan disampaikan pada Januari hingga Maret 2018.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan