Material SIM Kembali Kosong di Rembang

Kamis, 5 Juli 2018 | 19:19 WIB

Ilustrasi Surat Ijin Mengemudi (SIM). (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Material alias blangko untuk surat izin mengemudi (SIM) kembali kosong di Rembang.

Sejak 21 Juni lalu, pemohon SIM yang lolos ujian baik tertulis maupun praktek, hanya dilayani dengan surat keterangan (Suket).

Kasatlantas Polres Rembang melalui Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Inspektur Satu M Sulkhan menyebutkan, sudah 1.509 pemohon SIM yang dilayani dengan surat keterangan.

“Sebanyak 1.305 pucuk di antaranya diberikan bagi pemohon perpanjangan SIM, sedangkan sisanya atau 204 pucuk diberikan bagi pemohon baru,” terangnya.

Sulkhan menjamin, surat keterangan itu berlaku sama seperti SIM saat ada razia dari pihaknya. Sebab, kelangkaan blangko SIM terjadi tidak hanya di Rembang, tetapi juga di daerah lain.

Pihak Satlantas Polres Rembang menyatakan belum tahu mengenai kapan material SIM akan kembali tersedia.

“Kami belum tahu kapan material kembali tersedia, tetapi kami sudah mencantumkan nomor telepon bagian pelayanan SIM pada surat keterangan yang diberikan kepada pemohon,” katanya.

Ia menyarankan pemohon proaktif menanyakan. Ia juga berjanji mengantarkan SIM kepada sebagian pemohon, terutama yang tinggal di wilayah kota.

Sulkhan juga menegaskan, meskipun dilayani dengan Suket, tidak semua permohonan SIM, langsung dikabulkan.

Ia menyebutkan, dari rata-rata ratusan pemohon SIM per harinya, yang lolos ujian tertulis dan praktek, hanya sekitar 30 persennya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan