Luas Tanam Padi di MT I Rendah

Senin, 20 November 2017 | 14:09 WIB

Tanaman padi petani di Dukuh Bogorejo Desa Karasgede Kecamatan Lasem yang ditanam dengan suluran air dari sumur warga setempat, Selasa (5/1/2016) pagi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Luas tanam padi pada musim tanam pertama (MT-I) yang berlangsung sejak Oktober 2017 di Kabupaten Rembang tercatat rendah.

Pasalnya, tingkat curah hujan di kabupaten ini terbilang minim.

Suratmin, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang menyebutkan, hingga Senin (20/11/2017), luas tanam padi di daerah ini baru 1.691 hektare.

Padahal, target luasan tanam padi pada November 2017, mencapai 8.000 hektare.

“Curah hujan masih rendah yakni 100 milimeter, sedangkan normalnya untuk menanam padi, 200 milimeter,” terangnya kepada mataairradio.com.

Ia memperkirakan, curah hujan akan berlangsung normal pada bulan Desember, bahkan tingkatnya bisa mencapai di atas 200 milimeter.

“Kalau luas tanam jagung sudah 7.585 hektare dan kedelai 27 hektare,” katanya.

Mengenai ketersediaan pupuk dan bibit padi, ia menyebut kondisinya aman; siap untuk memenuhi kebutuhan petani di Kabupaten Rembang.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan