Kuota Formasi Belum Turun, Seleksi CPNS Jadi?

Rabu, 20 Juni 2018 | 15:08 WIB

Acara pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di halaman Kantor Bupati Rembang pada Rabu (21/02/2018) pagi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kuota formasi untuk seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) atau CPNS pada 2018 bagi Kabupaten Rembang masih belum turun, setidaknya sampai Rabu 20 Juni ini.

Tak kunjung jelasnya kuota memunculkan spekulasi di masyarakat, seleksi CPNS gagal digelar tahun ini. Namun Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang Suparmin membantahnya.

“Kuota formasi memang belum turun. Apakah kuotanya sama dengan yang diusulkan Rembang, yakni 365 formasi, atau malah kurang atau lebih, kami belum tahu. BKD provinsi juga belum tahu,” katanya.

Standar operasional prosedur (SOP) untuk seleksi CPNS pun, menurut Suparmin, belum bisa disusun karena petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis seleksi belum ada.

“Kami bersama kabupaten/kota lainnya sebatas menunggu. Sebab, untuk menyusun SOP, Juklak dan Juknis belum turun,” terangnya.

Suparmin mengungkapkan, SOP seleksi CPNS yang akan disusun meliputi mekanisme dan syarat pendaftaran, termasuk indeks prestasi kumulatif (IPK) dan formasinya.

“Tes kompetensi dasar (TKD) dan tes karakteristik pribadi (TKP) seperti apa kita belum tahu juga,” katanya.

Selain komunikasi via WhatsApp, pihak BKD Kabupaten Rembang sudah sempat menggelar rapat dengan BKD Provinsi Jawa Tengah pada 6 Juni lalu.

“Agenda rapat di provinsi tanggal 6 Juni kemarin antara lain membahas pola kerjasama seleksi,” bebernya.

Pola kerjasama itu maksudnya, apakah seleksi CPNS 2018 difasilitasi oleh BKD provinsi atau oleh Badan Kepegawaian Negara.

“Namun di rapat kemarin itu, belum sampai muncul sebuah keputusan,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Rembang melalui BKD setempat menyatakan mengusulkan 365 formasi pada seleksi calon pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara yang positif dibuka pada tahun 2018.

Ratusan formasi itu terdiri atas 213 tenaga kependidikan atau guru, 138 tenaga kesehatan, dan 14 tenaga teknis fungsional tertentu. Namun usulan itu belum tentu akan menjadi kuota bagi Rembang.

Menurut Suparmin, tenaga kependidikan menjadi formasi yang paling banyak diusulkan pada seleksi CPNS 2018, karena pada 2018-2020, tingkat pegawai yang pensiun paling banyak adalah guru.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan