KPU Selesaikan Verifikasi Faktual 12 Parpol Lama

Kamis, 1 Februari 2018 | 19:35 WIB

Ilustrasi partai politik. Foto dikutip dari laman SINDOnews.com

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang menyelesaikan verifikasi faktual terhadap partai politik lama pada Kamis (1/2/2018). Hari ini, sejak pagi hingga sore, KPU memverifikasi faktual empat Parpol.

Empat partai itu adalah PAN, Hanura, Golkar, dan Demokrat. Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud mengatakan, verifikasi faktual berjalan secara lancar. Empat Parpol memenuhi semua item yang harus diverifikasi secara faktual.

“PAN, Hanura, Golkar, dan Demokrat memenuhi syarat dari segi kantor, kepengurusan, dan keanggotaan. Namun untuk Golkar, keterwakilan perempuannya kurang, tapi disusulkan malam ini, sehingga akan klir,” katanya kepada mataairradio.

Suud juga mengatakan, hingga pukul 00.00 nanti, KPU masih akan menanti pelengkapan kekurangan verifikasi faktual keanggotaan untuk PKPI dan Partai Bulan Bintang. Dua partai politik ini sudah mengabarkan akan melengkapi pada lama ini.

“PKPI dan PBB sudah memberi kabar menyusulkan keanggotaan yang kurang saat verifikasi faktual, pada malam ini. Masa verifikasi faktual kan dimulai tanggal 30 Januari hingga tanggal 1 Februari ini. Maksimal pukul 00.00,” terangnya.

Saat diverifikasi secara faktual oleh KPU pada Rabu (31/1/2018) kemarin, PKPI kurang 9 anggota, sedangkan PBB kurang 29 anggota. Sementara, syarat minimalnya 32 anggota. Adapun maksimalnya lima persen dari data keanggotaan di Sipol.

“Bila hingga pukul 00.00 nanti, PKPI dan PBB berikut Golkar tidak bisa melengkapi, maka akan kita TMS (tidak memenuhi syarat). Berita acara hasil verifikasi faktual 12 Parpol lama plus Partai Berkarya, kami lakukan besok pukul 13.00 di Hotel Fave,” katanya.

Sesuai regulasi, Parpol yang tidak memenuhi syarat masih berkesempatan untuk melakukan perbaikan mulai tanggal 3-5 Februari nanti. Namun bila tak ada Parpol yang perbaikan, maka KPU akan melakukan rekapitulasi untuk dikirimkan ke Pusat.

“13 Februari mendatang, hasil verifikasi faktual di berbagai jenjang kepengurusan akan direkapitulasi di KPU RI. Penetapan Parpol perserta Pemilu 2019 baru akan dilakukan 17 Februari 2018, dan akan diumumkan secara nasional pada 19 Februari mendatang,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan