KPU Sambangi Parpol Persiapan Verifikasi Peserta Pemilu

Rabu, 25 Januari 2017 | 17:45 WIB

Tim dari KPU Rembang saat menyambangi Kantor DPD Partai Nasdem Kabupaten Rembang pada Selasa (24/1/2017). Silaturahim dengan parpol dilakukan oleh KPU setempat sebagai persiapan menyongsong verifikasi peserta Pemilu 2019 pada sekitar Agustus 2017. (Foto dokumentasi Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang mulai menyambangi satu per satu partai politik dalam menyongsong verifikasi peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud mengatakan, kunjungan ke tiap parpol bersifat silaturahim. Sambang dimulai dari Partai Nasdem dan selanjutnya bergiliran ke tiap partai politik peserta Pemilu 2014.

“Saat kita sambang, kami sampaikan kisi-kisi tentang apa-apa yang perlu dipersiapkan parpol untuk verifikasi peserta Pemilu 2019. Kami sebut kisi-kisi karena revisi Undang-Undang Pemilu belum disahkan,” katanya.

Menurutnya, verifikasi peserta Pemilu 2019, kemungkinan akan dilakukan pada sekitar bulan Agustus 2017, karena berdasarkan ketentuannya 22 bulan sebelum pemungutan suara pemilu, sudah harus ada tahapan.

“Kalau kita tarik mundur, maka 22 bulan sebelum pemungutan suara Pemilu 2019, itu jatuh pada Juli 2017, sehingga kemungkinan pada bulan Agustus 2017, kita bisa mulai verifikasi peserta pemilu,” terangnya, Rabu (25/1/2017).

Suud mengungkapkan, kisi-kisi verifikasi faktual peserta Pemilu 2019 antara lain masih akan menyangkut kepengurusan, keanggotaan, kantor parpol, dan keterwakilan pengurus dari kalangan perempuan.

“Kita sampaikan kisi-kisinya agar ketika nanti revisi UU Pemilu disahkan, parpol sudah punya cukup persiapan dan tidak ada istilah ketinggalan kereta. Saat kunjungan, kita juga manfaatkan untuk diskusi,” paparnya.

Di antara bahan diskusi adalah persiapan parpol Pemilu 2019, terutama terkait dengan wacana tentang pemetaan daerah pemilihan untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Untuk kunjungan silaturahim ke partai baru seperti Perindo, kami akan jadwalkan belakangan. Kami masih menunggu surat dari DPP Perindo terkait keabsahannya yang sampai sekarang belum ada,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan