KPU Rembang Rekrut Puluhan Tenaga Pelipat Surat Suara

Senin, 21 Mei 2018 | 14:32 WIB

Logo KPU.

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang akan merekrut setidaknya 40 orang sebagai tenaga pelipat surat suara Pilgub Jawa Tengah 2018.

Mereka akan bekerja selama seminggu, yakni setelah surat suara Pilgub diterima oleh KPU Rembang pada Selasa (22/5/2018) atau Rabu (23/5/2018) ini.

“Kita butuh minimal 40 orang. Upah lipatnya Rp55 per lembar,” kata Ketua KPU Rembang Minanus Suud.

Ia menjelaskan, tenaga ini akan melipat surat suara sejumlah DPT yaitu 475.730 pucuk, namun ditambah 2,5 persen dari DPT sebagai cadangan.

“Pelipatan ditargetkan selesai dalam waktu seminggu,” katanya.

Menurutnya, mereka yang direkrut ini diprioritaskan kepada yang sudah terbiasa melipat surat suara dan berusia di atas 17 tahun.

“Kita utamakan yang pengalaman, terbiasa melipat surat suara. Bisa membedakan mana surat suara yang rusak dan yang tidak, dan yang jelas tidak ada pekerja anak,” paparnya.

Menurut rencana, kiriman surat suara Pilgub Jateng 2018 akan diturunkan di gudang KPU, di bilangan Jalan Ahmad Yani, Sawahan, Rembang.

Minanus Suud tidak bisa memastikan, surat suara itu akan diterima pada Selasa (22/5/2018) atau Rabu (23/5/2018).

“KPU provinsi akan mengontak KPU kabupaten jika surat suara akan dikirim. Begitu sampai akan langsung dilanjutkan dengan proses sortir dan pelipatan,” terangnya.

Setelah pelipatan selesai pada 31 Mei, KPU akan meneruskannya dengan proses pengesetan dan pengepakan pada 1-6 Juni 2018.

Proses ini, menurut Suud, akan dilakukan di Kantor KPU, Jalan Pemuda, Rembang.

“Sebelum Lebaran, atau pada rentang 6-14 Juni, seluruh kebutuhan logistik ditarget sudah siap dan tersegel,” tegasnya.

Ia menegaskan, pengiriman surat suara Pilgub tidak akan sampai terlambat, meski Senin (21/5/2018) ini, sebagian kabupaten/kota sudah menerima kiriman.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan