KPU Rembang Akan Rekrut 9.555 KPPS

Jumat, 2 Oktober 2020 | 18:20 WIB

Ilustrasi. (Foto: Alinea.ID)

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi pemilihan Umum (KPU) Rembang akan merekrut 9.555 kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) se-Kabupaten Rembang dan 2.730 petugas keamanan (Pam) TPS.

Di Kabupaten Rembang, tempat pemungutan suara (TPS) ada 1.365 yang tersebar di 290 desa dan keluarahan. Dari total jumlah TPS itu nantinya diisi oleh tujuh KPPS dan dua petugas keamanan.

Komisioner KPU Rembang Divisi SDM Zaenal Abidin menyatakan, proses perekrutan KPPS baru akan dibuka pada awal Oktober, tepatnya tanggal 7 sampai 13 Oktober 2020 di Sekretariat PPS setempat.

Adapun untuk persyaratan usia ada perbedaan dengan Pemilu 2019, karena ada batas minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun.

“Persyaratan sebagai KPPS lainnya minimal memiliki ijazah SMA dan sederajat. Selanjutnya, sebelum bertugas bersedia dilakukan tes cepat covid-19.

Serta tidak ada dalam satu ikatan keluarga atau perkawinan dengan penyelenggara seperti Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), KPPS, dan Linmas,” ungkapnya.

Sedangkan untuk persyaratan lebih rinci, masyarakat bisa mengakses laman resmi KPU Rembang atau langsung meminta informasi dan formulir kepada sekretariat PPS setempat.

Dirinya mengajak kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pilkada menjadi anggota KPPS di wilayahnya masing-masing.

Disinggung terkait honor yang akan diterima oleh anggota KPPS, Bidin belum bisa memberikan informasi.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan