KPU Klaim Verifikasi Faktual Selesai Tepat Waktu

Kamis, 2 Juli 2015 | 17:39 WIB
Ketua KPU Rembang Minanus Suud. (Foto: Pujianto)

Ketua KPU Rembang Minanus Suud. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang mengklaim verifikasi faktual dukungan pasangan calon perseorangan oleh PPS akan selesai tepat waktu, 6 Juli nanti. KPU sudah mengecek progres verifikasi oleh tiap-tiap PPS, yang mendekati selesai.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud menilai, empat hari yang tersisa sejak Kamis 2 Juli ini akan cukup untuk menyelesaikan verifikasi faktual bagi PPS yang belum merampungkannya. Bahkan dari monitoringnya, beberapa PPS malah menantang KPU, untuk segera melakukan tahapan berikutnya.

“Kemarin dari beberapa desa yang saya kunjungi, sudah hampir selesai. Tetapi persentasenya belum bisa kami tentukan. Kita pastikan 6 Juli sudah selesai dan bisa kita buatkan berita acara. Malah PPS menantang KPU untuk melakukan tahapan berikutnya,” terangnya.

Koordinator Divisi Kepengawasan Panwas Pilkada Rembang Budi Handayani meminta PPS melalui KPU agar tak terlalu santai dalam melakukan verifikasi faktual. Sebab, saat monitoring terakhir, 30 Juni kemarin, Budi menemukan beberapa PPS yang sama sekali belum melakukan verifikasi di lapangan.

Menurutnya, jangan sampai PPS bekerja kebut-kebutan sehingga mengorbankan kualitas verifikasi. Akan lebih baik, PPS segera melakukan verifikasi secara telaten dengan berhitung waktu. Verifikasi faktual berlangsung selama 14 hari sejak 23 Juni kemarin.

“Saya sendiri saat turun ke desa-desa, ketika verifikasi faktual jalan empat hari, ada beberapa desa yang belum melakukan verifikasi di lapangan. Padahal dukungan yang mesti diverifikasi banyak. Saya langsung koordinasi dengan PPS setempat. Alhamdulillah sekarang, progresnya sudah signifikan,” katanya.

Sementara itu, dari hasil monitoring KPU, jumlah pendukung yang tak memenuhi syarat dukungan calon perseorangan, sudah ratusan. Alasannya karena pendukung berstatus pegawai negeri sipil, merupakan sekretariat PPS, dan anggota PPS. Ada juga yang karena pindah domisili ke luar kabupaten.

Menurut KPU, jika setelah diverifikasi dan direkap, jumlah pendukung berada di atas syarat minimal dukungan, 45.942 orang, kemungkinan tidak akan ada perbaikan. Tetapi jika kurang dari itu, maka mesti diperbaiki dengan menyerahkan dukungan dua kali lipat dari kekurangannya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan