KPPS Pilgub Jateng Segera Dibentuk, Syarat Dipermudah

Sabtu, 5 Mei 2018 | 22:00 WIB

Logo KPU.

 

REMBANG, mataairradio.com – Kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) untuk Pilgub Jateng 2018 akan segera dibentuk. Mereka akan ditempatkan di tiap tempat pemungutan suara.

Ada 1.300 TPS untuk Pilgub Jateng di Rembang. Masing-masing TPS akan ada tujuh orang KPPS dan dua orang petugas pengamanan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang Minanus Suud mengatakan, KPPS dibentuk maksimal satu bulan sebelum coblosan Pilgub 27 Juni mendatang.

“Rekrutmen KPPS ditangan Panitia Pemungutan Suara (PPS), sedangkan petugas pengamanan diusulkan dengan koordinasi antara PPS dan pemerintah desa,” terangnya.

Suud mengungkapkan, persyaratan menjadi KPPS lebih mudah dari Pemilu sebelumnya.

“Kini seorang KPPS tidak mutlak lulusan SMA, tetapi bisa jenjang di bawahnya, asalkan cakap membaca dan menulis,” jelasnya.

Namun selagi masih ada lulusan SMA di lingkungan sekitar TPS, disarankan diutamakan.

Soal usia, juga tidak lagi minimal 25 tahun. Syaratnya dipermudah menjadi minimal 17 tahun.

“Adapun perbedaan tugas yang mencolok dari Pemilu sebelumnya untuk KPPS, adalah adanya kewajiban memastikan setiap pemilih untuk menunjukkan KTP elektronik,” bebernya.

Ketua KPU menambahkan, begitu terbentuk nanti, KPPS akan dibimbing secara serentak oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Jumlah total KPPS akan sebanyak 9.100 orang, sedangkan petugas pengamanan 2.600 orang.

Pilgub Jateng 2018 akan diikuti oleh dua orang pasangan calon, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan