Tak Ada Pembinaan, Kesenian Ketoprak dan Orek-Orek Ngenes

Monday, 26 November 2012 | 17:35 WIB

Pertunjukan kesenian kethoprak

SULANG – MataAirRadio.net, Desa Karangsari, Kecamatan Sulang pada medio 1970-an, memang pernah terkenal dengan kesenian orek-orek dan ketopraknya. Namun dua tahun terakhir, kesenian tradisional yang melegenda di desa tersebut, mati suri.

Kepala Desa Karangsari, Kecamatan Sulang, Suripto, kepada reporter MataAir Radio, Senin (26/11) mengatakan, mati surinya paguyuban ketoprak dan orek-orek yang pernah melegenda di daerahnya, lantaran tidak ada pembinaan secara serius dari dinas terkait.

Dengarkan rekaman disini.

Suripto menambahkan, saat ini banyak seniman dan seniwati dari Desa Karangsari yang hengkang ke daerah lain dengan alasan sepinya order pentas.

Untuk bertahan hidup, mereka terpaksa hijrah ke daerah lain yang lebih banyak tanggapan pentasnya, seperti ke daerah Pati dan kota lainnya. Hal ini disebabkan karena kethoprak menjadi sandaran hidup satu-satunya mereka.

Dengarkan rekaman disini.

Suripto berharap peran aktif pemerintah untuk turut serta berupaya menjaga kelestarian kesenian tradisional kethoprak dan orek-orek dengan melakukan pembinaan secara berkesinambungan. (Muhtarom)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan