Kemenag Rembang baru Bentuk Satu Keloter Haji

Jumat, 12 Mei 2017 | 18:22 WIB

Petugas menunjukkan koper milik jemaah calon haji dari Kecamatan Rembang yang dikumpulkan di pendapa kecamatan setempat pada Kamis (25/8/2016). Jemaah calon haji asal Kecamatan Rembang masuk Kloter 48 yang dijadwalkan berangkat pada Sabtu (27/8/2016) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menyatakan baru membentuk satu kelompok terbang atau Keloter bagi jemaah calon haji yang akan berangkat pada tahun ini.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang Shalehudin menyebutkan satu Keloter tersebut berisi 365 jemaah calon haji yang berasal dari KBIH Al-Anwar.

“Karena calon haji dari KBIH Al-Anwar memenuhi untuk satu kelompok terbang, maka langsung bisa ditentukan bentuk satu Keloter dengan isi 365 orang. Mereka ini Keloter 40 SOC,” katanya kepada mataairradio.com.

Menurutnya, Keloter selanjutnya baru akan bisa dibentuk dan ditetapkan setelah masa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) di tahap kedua atau setelah tanggal 10 Juni mendatang.

“Yang melakukan pelunasan tahap pertama kemarin kan sudah jelas 781 jemaah calon haji. Tetapi pelunasan tahap kedua kan belum. Kemarin kita usul 24 orang masuk pelunasan tahap kedua, tetapi belum ada jawaban,” katanya.

Ia menyebutkan, pelunasan BPIH tahap kedua baru akan dibuka pada sekitar tanggal 22 Mei mendatang. Sampai dengan Jumat (12/5/2017) ini kuota calon haji untuk pelunasan tahap kedua belum dirilis, termasuk untuk Rembang.

“Secara Jawa Tengah saja kuota haji yang masuk pelunasan tahap kedua belum diketahui, apalagi untuk Rembang. Biasanya, setelah kuota untuk provinsi diketahui, baru ketahuan bagian kuota untuk daerah, termasuk Rembang,” terangnya.

Seperti diketahui, 38 orang calon haji di Kabupaten Rembang tidak melakukan pelunasan BPIH tahap pertama pada rentang hingga 5 Mei lalu, dengan berbagai alasan seperti calon haji yang bersangkutan meninggal dunia atau sakit.

“Terhadap 781 calon haji yang melakukan pelunasan BPIH di tahap pertama kemarin, segala keperluan administrasinya sudah beres, termasuk paspor; sudah beres semua. Tinggal menunggu kuota pelunasan tahap kedua saja,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan