Kebersihan Alun-alun Disorot, PKL Ditegur Keras

Sabtu, 13 Januari 2018 | 19:08 WIB

Bupati Rembang Abdul Hafidz saat memantau kebersihan alun-alun setempat, Jumat (12/1/2018) pagi kemarin. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kebersihan Alun-alun Rembang disorot. Sampah dari aktivitas jualan para pedagang kaki lima (PKL) tidak terkelola secara baik.

Begitu pula dengan saluran air yang berubah menjadi comberan.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyaksikan secara langsung fakta ini.

Ia pun menyatakan akan memberi tindakan tegas kepada pedagang yang tidak menjaga kebersihan alun-alun. Tindak tegas itu, menurutnya, berupa penggusuran.

“Teguran pertama lisan, kedua tertulis, ketiga tegas; kita gusur,” katanya menyikapi PKL di Alun-alun Rembang yang tidak menjaga kebersihan sekitar lapak dagang.

Ancaman ini karena PKL sudah menandatangani pakta integritas, yang salah satunya adalah komitmen menjaga kebersihan. Toleransi juga sudah beberapa kali diberikan.

“Alun-alun tidak untuk kepentingan PKL saja, tapi itu fasilitas umum. Kebersihannya juga harus dijaga,” katanya.

Bupati menekankan, kebersihan fasilitas umum, di antaranya alun-alun, penting dalam penilaian untuk penghargaan Adipura 2018.

“Tapi Adipura bukan satu-satunya tujuan dari gerakan kebersihan,” katanya.

Menurutnya, gerakan kebersihan, yang salah satunya diwujudkan dengan “Jumat Bersih”, juga berarti penting untuk menumbuhkan kesadaran bahwa kebersihan merupakan kebutuhan dan diharapkan menjadi budaya.

Tidak hanya alun-alun, Bupati menyoroti pula kebersihan pasar-pasar dari sampah. Ia menyatakan sudah memerintahkan kepala dinas terkait, agar menjamin kebersihan di setiap pasar yang ada di kabupaten ini.

Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Rembang Sriyono menyatakan sudah mengimbau pedagang untuk menjaga kebersihan di sekitar lapak dagang mereka.

“Memang tidak semua PKL bisa konsisten menjaga kebersihan,” katanya.

Terkait teguran keras Bupati, Sriyono berjanji meresponnya.

Ia juga menyatakan bisa memahami ancaman sanksi berupa penggusuran PKL dari alun-alun, bila pedagang membandel; tidak menjaga kebersihan lingkungan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan