Kawasan eks-Pasar Hewan Ditata Songsong Penilaian Adipura

Selasa, 21 Maret 2017 | 07:33 WIB

Kawasan eks-Pasar Hewan Sumberjo Rembang ditata. Pembersihan dari sampah dan perataan lokasi dilakukan guna menyongsong penilaian Adipura 2017. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kawasan eks-Pasar Hewan Sumberjo ditata oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang per pekan kemarin antara lain guna menyongsong penilaian Adipura 2017.

Menurut Kepala Bidang Pengelolahan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Peningkatan Kapasitas DLH Kabupaten Rembang Andreas Edi Gustono penataan di antaranya dilakukan dengan membersihkan kawasan dari sampah.

Penataan juga dilakukan dengan meratakan lokasi, sampah, dan penggalian, serta menempatkan tiga kontainer sampah di lokasi tersebut. Tiga kontainer ini, satu di antaranya berasal dari kawasan Gambiran dan dua lainnya berasal dari sekitar eks-pasar hewan.

“Sampah-sampah di kawasan itu berasal dari operasional pasar, masyarakat Desa Sumberjo, dan Tasikagung. Jika terus dibiarkan maka lokasi eks-Pasar Hewan Sumberejo bisa menjadi Tempat Pembuaangan Akhir (TPA) liar,” katanya.

“Penataan sampah di sana sudah berlangsung sejak empat hari lalu. Kami meratakan sampah dan membuat galian dengan eskavator. Selasa ini adalah hari terakhir penataan. Setelah itu akan dipikirkan langkah selanjutnya dengan pihak-pihak terkait,” sambungnya.

“Kami berharap Disperindagkop juga ikut cawe-cawe. Jangan dipasrahkan ke DLH saja. Nanti warung-warung yang ada di dalam lokasi juga akan kami bersihkan. Ini semua demi Adipura. Maka semua pihak harus membantu,” terusnya.

Sementara itu, Kades Sumberjo Yopi Arfianto mengatakan, lahan yang saat ini dirapikan oleh DLH akan diusulkan untuk ditanami sayuran dan buah dengan model hidroponik. Rencananya sayur dan buah itu akan ditanam oleh warga agar lokasi terlihat lebih terjaga.

“Kalau peran desa dalam pengelolaan saya belum bisa jawab. Untuk tanaman hidroponik sudah dianggarkan tahun ini oleh Pemerintah Desa Sumberjo. Hari ini (21/3/2017) saya ada rapat dengan DLH bahas itu,” katanya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan