Kasus Kades Sumber, Polisi Masih Himpun Alat Bukti

Saturday, 13 January 2018 | 18:52 WIB

Penyidik pada Unit Tipikor Satreskrim Polres Rembang meminta klarifikasi dari Ketua BPD Sumber Gunanto serta beberapa perangkat desa setempat mengenai aduan dugaan penyelewengan dana desa oleh Kades mereka Sucipto, baru-baru ini. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Polisi masih menghimpun alat bukti dan saksi untuk mengungkap kasus dugaan penyelewengan dana desa yang dilaporkan oleh masyarakat Desa Sumber Kecamatan Sumber.

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso melalui Kanit Tipikor Reskrim Ipda Arief Kristiawan mengaku masih memperdalam keterangan saksi dan melengkapi alat bukti terkait kasus tersebut.

“Penyelidikan tidak menuai hambatan, meskipun hasil audit dari Inspektorat belum kami terima. Audit dari Inspektorat tetap diperlukan sebagai perimbangan, meskipun perlu audit lagi,” katanya.

Kasus dugaan penyelewengan dana desa Sumber menyeret nama Kades setempat Sucipto. Ia diduga menyelewengkan dana desa (DD) sebesar Rp320 juta, dengan memalsukan tanda tangan Plt Camat Sumber Kamdani.

Sejak persoalan ini menggelinding, Sucipto sulit ditemui. Ipda Arief menyatakan tidak terburu-buru menetapkan Sucipto sebagai tersangka, meskipun dari keterangan saksi-saksi, indikasi penyelewengan sangat kuat.

“Polisi menggunakan prinsip kehati-hatian dalam menetapkan status tersangka. Lebih baik memburu keberadaan seseorang yang sudah jelas statusnya, daripada menetapkan tersangka, tapi dasarnya belum jelas,” tandasnya.

Sementara itu, Sucipto sudah dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kades Sumber. Desa ini sekarang dipimpin oleh seorang Penjabat Kades, Sunawi. Pelayanan publik yang sempat menuai kendala, kini kembali normal.

Sucipto sempat memberikan keterangan kepada Ketua BPD Gunanto bahwa ada sebagian dana desa yang dipakai untuk kepentingan pribadi. Selain juga menggunakan uang dari dana itu untuk membayar tagihan PBB.

Meski begitu, hingga Sabtu (13/1/2018) ini, polisi belum sekalipun memeriksa Sucipto. Jerat hukum yang membayangi Sucipto pun masih di antara pasal dugaan korupsi dan pemalsuan tanda tangan Plt Camat Sumber.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan