Kadis PU Dimintai Laporan Mingguan Penyerapan Anggaran

Selasa, 24 Mei 2016 | 15:47 WIB
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Rembang Mujoko (kanan) saat menghadiri rapat di Komisi C DPRD setempat guna membahas lambannya penyerapan anggaran infrastruktur pada lingkup dinas setempat, Selasa (24/5/2016). (Foto: Pujianto)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Rembang Mujoko (kanan) saat menghadiri rapat di Komisi C DPRD setempat guna membahas lambannya penyerapan anggaran infrastruktur pada lingkup dinas setempat, Selasa (24/5/2016). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi C DPRD Kabupaten Rembang menyatakan tidak mau dikhianati oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat, Mujoko, menyangkut janji penyerapan anggaran.

Saat dipanggil oleh pihak komisi yang membidangi infrastruktur, di Kantor Komisi C DPRD Rembang, Selasa (24/5/2016) siang, Mujoko menyebut ada 5 paket pekerjaan yang segera diproses lelang.

“Paket lelang jalan antarporos kecamatan kata Kepala Dinas PU tadi, sudah akan tayang minggu depan. Maka kami perlu minta laporannya minggu depan,” ujar Anggota Komisi C DPRD Rembang Mohammad Imron.

Laporan mingguan diperlukan oleh pihak Komisi C agar bisa mengontrol penyerapan anggaran infrastruktur oleh DPU, mengingat selama ini pihak dinas tersebut sering cedera janji.

“Kami takut seperti tahun 2015, yang kata mereka, pekerjaan sudah akan jalan bulan depan, tapi ternyata mundur. Padahal jalan yang rusak, sudah kian parah,” tandasnya.

Imron berharap, laporan mingguan diberikan oleh DPU dengan datang hadir ke pihak Komisi C, tidak justru DPRD yang mesti mendatangi kantor dinas pekerjaan umum.

“Kami berharap, komitmen menuntaskan semua perencanaan pekerjaan, di bulan Puasa nanti, termasuk penerbitan SPK bagi proyek penunjukan langsung, sudah beres,” tegasnya.

Kepala Dinas PU hadir bersama para kepala bidang di DPU, termasuk Plt Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Widodo dan Kepala Bidang Kebersihan Moh Rokhim.

“Tadi kami rapat sejak jam 11 dan baru selesai ini. Dari Komisi C yang hadir 7. 2 tidak hadir karena izin sakit. Dari DPU semua hadir,” katanya sambil menunjuk jam dinding pukul 13.00 WIB.

Sementara itu, Mujoko mengaku selalu dievaluasi Bupati bersama kepala dinas lainnya, menyangkut banyak hal, termasuk penyerapan anggaran, pada tiap kali rapat mingguan.

“Pak Bupati biasanya rapat hari Senin. Evalusi terhadap kinerja semua SKPD. (Penyerapan anggaran) Mesti ditanya. Tiap SKPD ditanya (soal serapan anggaran) semua,” ucapnya.

Ia menjamin, kejadian nyaris mandegnya penyerapan anggaran pada tahun 2015, tidak akan terulang pada 2016, karena jika kembali terjadi, kinerja pemerintah akan disorot habis-habisan.

“Bagaimana pun juga, kami menargetkan semua bisa terlaksana. Proses hukum (yang dialami oleh tiga pejabat di Dinas PU) pada tahun 2015 cukup membuat kami untuk berhati-hati,” tukasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan