Jemaah Haji Rembang mulai Berangkat 24 Agustus

Rabu, 13 Juli 2016 | 17:39 WIB
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang Shalehuddin memberikan keterangan kepada awak media mengenai hasil undian pembagian kloter dan jadwal pemberangkatan per kelompok terbang, Rabu (13/7/2016) pagi. (Foto: Pujianto)

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang Shalehuddin memberikan keterangan kepada awak media mengenai hasil undian pembagian kloter dan jadwal pemberangkatan per kelompok terbang, Rabu (13/7/2016) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – 791 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Rembang terbagi dalam tiga kelompok terbang masing-masing Kloter 38, Kloter 48, dan Kloter 65.

Rinciannya, menurut catatan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Kloter 38; 355 orang calon haji, Kloter 48; 355 calon haji, dan Kloter 65; 81 orang calon haji.

Khusus jemaah calon haji di Kloter 65, 81 orang itu akan bergabung dengan 16 calon haji dari Kabupaten Jepara dan 258 calon haji dari Kabupaten Blora, sehingga menjadi satu kelompok terbang berisi 355 orang.

“Kloter 38 akan berangkat dari Kabupaten Rembang pada 24 Agustus, Kloter 48 akan berangkat pada 27 Agustus, dan Kloter 65 akan berangkat di tanggal 1 September 2016,” terang Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kemenag Kabupaten Rembang Shalehuddin.

Menurutnya, dengan jeda antarwaktu pemberangkatan yang lumayan lama, yaitu antara 3-4 hari, penanganan akan menjadi lebih mudah lantaran tidak terlalu tergesa, tetapi penanganan konsumsi menjadi kurang efisien.

Sementara itu, secara persiapan terkini pemberangkatan jemaah calon haji tahun ini, pihak Kantor Kemenag sedang menyusun jadwal manasik yang akan dimulai 18 Juli nanti di kawasan Pendapa Museum Kartini Rembang.

“Setelah urusan qur’ah atau undian kloter selesai, ini kita langsung persiapan manasik pertama tanggal 18 Juli, hari Senin. Setelah itu nanti manasik di kecamatan. Rencana penutupan manasik tanggal 2 Agustus,” jelasnya menyebutkan.

Mengenai paspor, hingga Rabu (13/7/2016) siang, masih ada 81 orang calon haji yang belum beres, tetapi progres tersebut oleh Shalehuddin disebut sudah cepat karena di daerah lain rata-rata masih kurang lebih banyak.

“Kita bisa cepat karena begitu calon haji yang bersangkutan melakukan pelunasan BPIH, kita segera proses paspornya. Daerah lain rata-rata masih lebih banyak yang paspornya belum beres,” tandasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan