Jemaah Calon Haji Rembang Tidak Divaksinasi Influenza

Jumat, 29 Juli 2016 | 13:07 WIB
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang Shalehuddin memberikan keterangan kepada awak media mengenai hasil undian pembagian kloter dan jadwal pemberangkatan per kelompok terbang, Rabu (13/7/2016) pagi. (Foto: Pujianto)

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang Shalehuddin memberikan keterangan kepada awak media mengenai hasil undian pembagian kloter dan jadwal pemberangkatan per kelompok terbang, Rabu (13/7/2016) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Jemaah calon haji Kabupaten Rembang dipastikan tidak divaksinasi influenza karena stok vaksin itu disebut tidak tersedia alias kosong.

Padahal selama ini, virus yang menyerang saluran pernafasan itu menjadi salah satu yang sering menginggapi jemaah haji saat berada di Tanah Suci.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang Shalehudin menyatakan tidak tahu secara persis alasan tidak adanya vaksinasi influenza.

“Itu urusan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Setahu saya, vaksinasi influenza tidak wajib. Yang wajib vaksinasi meningitis,” katanya kepada mataairradio, Jumat (29/7/2016).

Ia mengakui, vaksinasi influenza diperlukan karena faktanya memang banyak dari anggota jemaah haji yang mengidap flu saat berada di Tanah Suci.

“Kami berharap kepada jemaah agar bisa mengakses vaksinasi influenza sendiri. Memang, di Tanah Suci, sering ada yang kena pilek atau batuk,” ujarnya.

Shalehudin juga mengatakan bahwa pada saat sekarang, jemaah calon haji di Kabupaten Rembang sedang menjalani vaksinasi meningitis di tiap puskesmas setempat.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii mengonfirmasi tidak adanya vaksinasi influenza bagi jemaah calon haji asal kabupaten ini.

“Ya betul (tidak ada vaksinasi influenza bagi jemaah calon haji Kabupaten Rembang),” tulisnya saat dikonfirmasi melalui layanan pesan singkat.

Menurutnya, pertimbangan tidak adanya vaksinasi influenza bagi jemaah calon haji adalah karena ketersediaan vaksin dari produsen yang baru kosong.

“Pada prinsipnya, vaksinasi influenza hanyalah optional atau tidak diwajibkan bagi jemaah haji. Yang diwajibkan hanya vaksin meningitis,” ujar Ali.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan