Jemaah Calon Haji Rembang mulai Mengambil Koper

Kamis, 28 Juni 2018 | 13:39 WIB

Koper jemaah calon haji di Gedung Haji Rembang, Kamis (28/6/2018). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – 790 jemaah calon haji berasal dari Kabupaten Rembang mulai mengambil koper, Kamis (28/6/2018) pagi.

Selain koper, juga tas jinjing, tas kecil untuk tempat dokumen seperti paspor, dan buku panduan menjalankan ibadah haji.

Perlengkapan tersebut dapat diambil oleh jemaah calon haji atau melalui pihak KBIH atau lewat perwakilan regu di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang.

Kepala Kantor Kemenag Rembang Atho’illah mengatakan, koper ditempatkan di Gedung Haji, bilangan Jalan Pemuda Rembang.

“Kami menargetkan, koper selesai didistribusikan pada hari ini,” katanya kepada mataairradio.

Pada saat penyerahan, pihak Kemenag memberikan sosialisasi terkait barang bawaan yang dilarang dalam penerbangan kepada pihak jemaah calon haji.

“Barang-barang yang dilarang antara lain benda tajam seperti pisau, gunting atau yang lainnya,” terangnya.

Selain itu juga dilarang membawa benda-benda cair melebihi 100 mililiter karena itu adalah aturan penerbangan internasional.

Ia menegaskan, batas maksimal berat koper hanya 32 kilogram, sedangkan ambang batas berat tas jinjing maksimal tujuh kilogram.

“Dengan diserahkannya koper kepada jemaah calon haji, maka segala persiapan untuk barang bawaan selama berada di Tanah Suci sudah bisa disiapkan,” tandasnya.

Atho’illah menegaskan, bila ada calon haji yang belum memgambil koper sampai akhir jam kerja, maka koper akan dititipkan kepada pihak KBIH.

“Kalau pun masih tersimpan di gedung haji, tetap aman. Kemenag tidak bisa mengantar koper ini hingga konsentrasi kecamatan karena tidak punya biaya,” tegasnya.

Umumnya, jemaah calon haji melalui KBIH sudah langsung merapat ke Gedung Haji Rembang untuk mengambil koper, selepas pembukaan manasik haji di Pendapa Kabupaten Rembang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan