Jelang Tahun Baru, Operasi Zebra Segera Digelar

Senin, 21 Oktober 2019 | 21:24 WIB
Pelaksanaan Operasi Zebra Candi di Kabupaten Rembang berlangsung sejak 1 November 2017. Operasi rencananya berlangsung hingga 14 November 2017. (Foto: mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com – Dua bulan menjelang tahun baru 2020 pihak Satuan Lalu Lintas Polres Rembang akan segera menggelar Operasi Zebra.

Operasi yang rutin digelar setiap menjelang pergantian tahun itu, bertujuannya untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman. Pelaksanaannya sendiri selama 14 hari, berakhir pada Selasa (5/11/2019).

Kepala Satlantas Polres Rembang AKP Roy Irawan menyatakan Operasi Zebra memang dilakukan setiap tahun, dengan fokus penindakan yang berbeda-beda, namun tujuannya sama untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman.

Roy menambahkan, sasaran utama pada Operasi Zebra tahun ini adalah kelengkapan administrasi kendaraan bermotor maupun pengemudi. Seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), hingga Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Fokus kita tahun ini adalah surat-surat kendaraan maupun pengemudi seperti STNK dan SIM. Tapi pelanggaran lain tentu akan kita tindak seperti tidak memakai helm dan juga melanggar rambu lalu lintas,” ungkapnya.

Berdasarkan catatan mataairradio.com, Operasi Zebra tahun 2018 silam, selama kurun waktu 14 hari Satlantas Polres Rembang berhasil menilang sebanyak 3.440 pengendara kendaraan bermotor.

Pelanggaran terbanyak yaitu pengendara tidak memakai helm sebagai pengaman, sebanyak 700 pelanggaran.

Sementara itu, dalam gelar Operasi Zebra 2018, pihak kepolisian mendapatkan beberapa catatan dari masyarakat. Yakni intensitas operasi yang digelar terlalu sering dan dinilai cukup mengganggu aktivitas masyarakat.

Selain itu beberapa oknum kepolisian dianggap kurang simpatik dalam menanyakan kelengkapan pengendara.

Penulis : Mohamad Siroju Munir
Editor: Mukhamad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan