Jalan Naik Kelas, Dua Jembatan Diusulkan Dibongkar

Kamis, 31 Maret 2016 | 18:21 WIB
Jembatan Kalipang di wilayah Dukuh Bitung Desa Kalipang Kecamatan Sarang dilakukan perawatan pada April 2015. (Foto: Pujianto)

Jembatan Kalipang di wilayah Dukuh Bitung Desa Kalipang Kecamatan Sarang dilakukan perawatan pada April 2015. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Ruas Jalan Rembang-Blora ternyata sudah naik kelas dari jalan provinsi menjadi jalan nasional. Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Rembang pun mengusulkan agar Jembatan Landoh dan Sulang yang ada pada ruas itu dibongkar dan diperkuat.

Kepala Dishubkominfo Rembang Suyono, Kamis (31/3/2016) siang mengatakan, usulan pembongkaran dan peningkatan atau penguatan jembatan tersebut sebenarnya sudah pernah diusulkan pada 2012.

“Namun saat itu, wewenang perbaikan jembatan masih berada di tangan provinsi. Kini, karena ganti ditangani Pusat karena jadi jalan nasional, kami mengusulkannya lagi,” terangnya.

Ia menjelaskan, usulan pembongkaran dan penguatan Jembatan Landoh dan Sulang karena tonase kendaraan yang akan melintas seiring rencana operasi pabrik semen akan bertambah.

“Jika jembatan tidak diperkuat, maka akan rawan ambrol. Apalagi secara usia juga sudah tua dan keropos,” tandasnya.

Menurut Suyono, usulan pembongkaran dan penguatan dua jembatan tersebut sudah mendapat lampu hijau dari Bina Marga Pusat.

“Paling cepat, pembongkaran dan penguatan akan dilakukan pada 2017,” katanya.

Meski pembongkaran dan penguatan masih dua tahun lagi, tetapi menurutnya jembatan itu masih aman jika dilalui armada berat pada tahun ini.

“Hanya saja, terhadap angkutan berat bermuatan puluhan ton, sebelum melewati dua jembatan tersebut, perlu ada perkuatan,” wanti-wantinya.

Suyono menjelaskan, harus ada penyangga jembatan, dari bahan besi atau baja, yang dipasang secara darurat setiap kali ada angkutan berat yang akan lewat.

“Pemasangan penyangga itu menjadi tanggung jawab pengguna,” tegasnya.

Selain mengusulkan pembongkaran dan penguatan dua jembatan tersebut, pihak Dishubkominfo Rembang juga mengajukan peningkatan jalan di ruas tersebut.

“Peningkatan diusulkan dengan pembetonan sekuat di Jalur Pantura dan pelebaran jalan dari sekitar 7 meter menjadi 11-12 meter,” tegasnya.

Ia menambahkan, usulan pembongkaran dan penguatan atau peningkatan terhadap dua jembatan dan jalan pada ruas Rembang-Blora tak disertai dengan besarnya anggaran yang dibutuhkan.

“Mengenai pembiayaan dan mekanisme penanganannya menjadi urusan Bina Marga Pusat,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan