Istri Gus Mus Dikebumikan Dekat Makam Mertua

Jumat, 1 Juli 2016 | 15:37 WIB
Bisri Mustofa atau Gus Ova (berkacama dan baju motif bergaris, red.) ikut memikul keranda jenazah sang ibunda, Nyai Hajah Siti Fatmah, saat diberangkatkan dari rumah duka, Jalan KH Bisri Mustofa, kompleks Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jumat (1/7/2016) siang. (Foto: Pujianto)

Bisri Mustofa atau Gus Ova (berkacama dan baju motif bergaris, red.) ikut memikul keranda jenazah sang ibunda, Nyai Hajah Siti Fatmah, saat diberangkatkan dari rumah duka, Jalan KH Bisri Mustofa, kompleks Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jumat (1/7/2016) siang. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Istri KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), Nyai Hajah Siti Fatmah (66), dikebumikan di dekat makam KH Bisri Mustofa dan Nyai Hajah Ma’rufah, mertuanya, Jumat (1/7/2016) sekitar pukul 13.30 WIB.

Almarhumah meninggal dunia pada Kamis siang 30 Juni 2016 pukul 14.30 WIB dalam perawatan di RSUD dr R Soetrasno sejak Selasa (28/6/2016) lalu akibat sakit sesak nafas.

Jenazah diberangkatkan oleh KH Mu’ad Thohir dari rumah duka, kediaman Gus Mus, kompleks Pesantren Raudlatut Thalibin, Jalan KH Bisri Mutofa Nomor 4, Kelurahan Leteh Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, sekitar pukul 13.17 WIB.

Sebelumnya KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya, keponakan Gus Mus yang merupakan putra dari kakaknya almarhum KH M Cholil Bisri, memberikan pengantar sebagai iftitah, selama sekitar lima menit.

Tampak KH Ahmad Mustofa Bisri melepaskan jenazah kekasihnya ke peristirahatan terakhir, menghadap Allah. Begitu pula para putra dan putrinya termasuk para menantu dan cucu-cucu almarhumah.

Ribuan orang yang terdiri atas para ulama sepuh, keluarga, kerabat, sejumlah tokoh, santri, pejabat, dan masyarakat luas, turut serta mengantar pemberangkatan jenazah perempuan sekaligus ibu yang lahir pada 20 Maret 1950.

Beberapa dari mereka yang takziah pada Jumat (1/7/2016) antara lain budayawan Prie GS, Emha Ainun Najib (Cak Nun), dan istri mendiang Gus Dur Nyai Hajah Sinta Nuriyah beserta para putrinya.

Begitu sampai di pemakaman keluarga di komplek pemakaman umum Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang, liang lahat telah siap sejak Kamis (30/6/2016) malam. Nyai Hajah Siti Fatmah ditempatkan persis sebelah selatan tengah dari makam mertuanya alias ayah dan ibu dari Gus Mus.

Iringan tahlil dan bersela selawat mengiringi proses pemakaman ibu dengan tujuh anak; enam putri dan satu putra, serta enam menantu dan nenek 13 cucu tersebut.

Di rumah duka dan kompleks makam almarhumah, tampak puluhan karangan bunga, antara lain dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa serta dari beberapa ketua umum partai politik.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan