Inspeksi Pelayanan SIM, Kapolres Klaim Bebas Pungli

Rabu, 9 November 2016 | 18:06 WIB
Kapolres Rembang AKBP Sugiaryo pada saat inspeksi mendadak pelayanan SIM di Satlantas Polres Rembang, Rabu (9/11/2016). (Foto: mataairradio.com)

Kapolres Rembang AKBP Sugiarto pada saat inspeksi mendadak pelayanan SIM di Satlantas Polres Rembang, Rabu (9/11/2016). (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kapolres Rembang Ajun Komisaris Besar Polisi Sugiarto melakukan melakukan inspeksi mendadak ke kantor pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor setempat, Rabu (9/11/2016).

Inspeksi ini dilakukan setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang mengatur upaya pemberantasan pungutan liar secara terpadu.

AKBP Sugiarto mengatakan, inspeksi yang dilakukan ini merupakan langkah untuk memastikan pelaksanan pelayanan pembuatan SIM berjalan dengan baik dimana tidak ada anggota-anggota yang melakukan pengutan liar alias pungli.

Kapolres secara langsung menginterogasi setiap orang yang sedang mengantri untuk membuat SIM dan melakukan pengecekan di loket-loket pengurusan SIM, di ruang uji teori maupun uji praktek, dengan didampingi Kasatlantas AKP Muh Rikha Zulkarnain.

“Kami memastikan pelayanan SIM di Satlantas Polres Rembang bersih dari pungli dan calo-calo. Bila nanti ditemukan ada pungli, kami tidak segan menindak secara tegas,” katanya seusai melakukan inspeksi pagi itu.

Ia menegaskan, dalam upaya memberantas suap dan pungli di tubuh Polri, inspeksi mendadak seperti ini perlu dilakukan. Selain itu, juga sesuai dengan program kerja yang dicanangkan Kapolri, yakni menciptakan Polri yang profesional, modern, dan terpercaya.

“Praktek pungli dapat merusak citra Polri di mata Masyaraka. Kami akan menindak tegas apabila ada anggota Polri yang melakukan pungli. Di jajaran Polres Rembang harus bersih dari pungli,” tegasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan