Penyatuan Liga Membuat Semangat Pasukan Ganster “Nglokro”

Sabtu, 23 Maret 2013 | 15:00 WIB
Gabungan Suporter Rembang (Ganster)

Gabungan Suporter Rembang (Ganster). Foto:Wahyu

REMBANG, MataAirRadio.net – Hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang antara lain poinnya adalah memutuskan unifikasi atau penyatuan liga membuat semangat pasukan Gabungan Suporter Rembang (Ganster) nglokro. Alasannya, pendukung setia PSIR Rembang ini tak yakin Laskar Dampo Awang bisa nangkring di posisi keempat klasemen akhir Indonesian Premier League (IPL).

Kuota penyatuan liga bagi klub sepakbola yang bernaung di IPL hanya dijatah empat klub terbaik. Jika PSIR Rembang ingin tetap bertahan di kompetisi tertinggi Tanah Air pada musim depan, maka tim asuhan Haryanto tersebut minimal harus mampu finish di peringkat keempat klasemen akhir kompetisi.

Turunnya antusias Ganster memberikan dukungan kepada PSIR Rembang ini, setidaknya terlihat saat PSIR Rembang hendak bertandang ke Stadion Maguwoharjo Sleman melawan Perseman Manokwari pada Rabu 27 Maret mendatang. Dari ribuan anggota Ganster, hanya sekitar 40 anggota yang telah memastikan diri siap datang memberikan dukungan.

Sekretaris Umum Ganster Ahmad Aviv Mahmudi kepada reporter MataAir Radio, Sabtu (23/3) pagi mengatakan, saat ini jajaran pengurus telah membuka pendaftaran.

Namun pihaknya mengakui jika animo anggota untuk memberikan dukungan langsung kepada PSIR menurun drastis jika dibandingkan tur tandang sebelumnya. Menurutnya hal ini disebabkan oleh belum jelasnya pelaksanaan hasil KLB PSSI maupun jadwal pertandingan.

Aviv juga menyebutkan, gonjang-ganjing tentang hasil KLB PSSI diakuinya menurunkan semangat para suporter di Rembang. Apalagi, penyatuan liga membuka peluang lebar bagi PSIR untuk kembali turun kasta ke level divisi utama.

Meskipun demikian, Ganster tetap menyimpan optimisme pada PSIR Rembang untuk bisa menduduki peringkat keempat pada klasemen akhir kompetisi musim ini, sekaligus tetap berlaga di level kompetisi tertinggi persepakbolaan Indonesia, tahun depan.

Seperti diketahui, Kongres Luar Biasa PSSI pada Minggu 17 Maret lalu telah menghasilkan sejumlah keputusan penting. Satu di antaranya adalah tentang unifikasi liga atau penyatuan kompetisi IPL dan ISL, di mana musim depan hanya ada satu kompetisi di Indonesia yang akan diikuti oleh 18 klub ISL dan empat klub IPL.

Khusus untuk IPL hanya akan diambil empat klub teratas, kecuali klub-klub yang terlibat dualisme. Sebab jika nanti, klub dualisme tersebut menempati posisi empat besar, maka akan diambil peringkat di bawahnya. (Afta Ahmad)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan