Hanya Dua Parpol Daftar Ulang di Rembang

Kamis, 23 November 2017 | 17:22 WIB

Pengurus PKPI Rembang menyerahkan berkas dukungan kepada KPU Rembang, Rabu (23/11/2017). (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang menyatakan hanya dua dari sembilan partai politik (Parpol) melakukan pendaftaran ulang sebagai calon peserta Pemilu 2019.

Dua Parpol itu adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Islam Damai Aman (Idaman).

PKPI mendaftar di kantor KPU setempat pada pukul 21.00 WIB, sedangkan Partai Idaman datang pada pukul 23.30 WIB, Rabu (23/11/2017). Pendaftaran ditutup pukul 00.00 WIB.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftukhin mengatakan, PKPI menyerahkan 246 data salinan dukungan keanggotaan, sedangkan Partai Idaman menyampaikan 69 data.

“Angka tersebut jauh di bawah syarat minimal dukungan Parpol, yang kalau di Rembang sebanyak 625. Tetapi tugas kami hanya menerima dan memprosesnya saja,” katanya.

Dengan hanya dua Parpol yang mendaftar, maka tujuh partai lainnya dinyatakan tidak bisa melakukan tahapan berikutnya, yakni penelitian atau verifikasi administrasi.

“Kalau di Rembang, ya tujuh partai tidak bisa dilakukan penelitian administrasi,” terangnya kepada mataairradio.com.

Sebelumnya, sembilan partai politik calon peserta Pemilu 2019 memenangi gugatan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Selain PKPI dan Idaman, lainnya adalah Partai Bulan Bintang, Partai Bhinneka, Partai Republik, Partai Pekerja dan Pengusaha Indonesia, Partai Rakyat, Partai Swara Rakyat Indonesia, dan Partai Indonesia Kerja.

“Dua Parpol yang mendaftar ulang ini, akan mengikuti penelitian administrasi mulai tanggal 23 November ini hingga 30 November mendatang,” katanya.

Menurut Maftukhin, jika berkas dukungan Parpol tidak memenuhi syarat, maka disediakan masa perbaikan pada 2-15 Desember 2017.

“Kalau yang kelompok 13 Parpol pertama dulu itu, dimana ada tiga Parpol yang belum memenuhi syarat yakni PAN, PKB, dan Garuda; batas akhir penyerahan perbaikannya 1 Desember,” terangnya.

Selanjutnya, berkas dukungan hasil perbaikan Parpol akan kembali diteliti oleh KPU pada 2-11 Desember 2017.

“Jadi dua kelompok, yang bareng dengan 13 Parpol dan yang dua Parpol pendaftaran ulang ini, akan ketemu dalam satu waktu saat penyampaian berita acara hasil penelitian faktual pada 6-7 Februari 2018,” terangnya.

KPU menyatakan tidak akan pasif di masa-masa menanti perbaikan berkas dukungan dan saat penelitian administrasi bagi dua Parpol pendaftaran ulang.

“Senin (27/11/2017) depan ini, kami akan kumpulkan Parpol untuk kita berikan pengawalan, akan kita ingatkan, guna kelancaran bagi semua Parpol. Kita undang di Hotel Gajahmada,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan