H-1 Idul Adha, Timsus Belum Temukan Hewan Kurban Bermasalah

Thursday, 31 August 2017 | 16:13 WIB

Pemantauan hewan kurban di Desa Sendangasri Kecamatan Lasem, baru-baru ini. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Tim Khusus (Timsus) Pemantau Hewan Kurban bentukan Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang belum menemukan hewan kurban bermasalah hingga H-1 Idul Adha 1438 Hijriah, Kamis (31/8/2017).

Menurut Idam Rachmatdi, Plt Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dintanpan Rembang, belum ada temuan hewan kurban terinvensi virus, bakteri, dan jamur berbahaya, dalam kurun tiga hari Timsus bertugas melakukan pemantauan.

“Kami baru melakukan pantauan di empat titik penampungan hewan kurban. Hasilnya, kami masih belum menemukan hewan kurban terinveksi virus, bakteri, dan jamur berbahaya,” kata Idam kepada mataairradio.com.

Sejak hasil pemantauan secara informal dari Bidang Peternakan yang menemukan adanya betina produktif hendak dipotong untuk kurban beberapa waktu lalu, sejauh ini belum ada lagi temuan serupa.

“Nanti pada hari H, pemantauan akan kami lakukan pada lima zona. Tiap dokter hewan memantau 3-4 kecamatan dibantu dengan 40 petugas lapangan yang tersebar di 14 kecamatan.

Saya sendiri akan terjun untuk memantau kondisi hewan kurban di Kecamatan Lasem, Pancur, dan Pamotan,” pungkasnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan