FIFA Lansir PSIR Pimpin Klasemen IPL

Sabtu, 27 April 2013 | 16:37 WIB
FIFA melansir di situs resminya bahwa PSIR Rembang memimpin klasemen sementara Indonesian Premier League (IPL).

FIFA melansir di situs resminya bahwa PSIR Rembang memimpin klasemen sementara Indonesian Premier League (IPL).

REMBANG, MataAirRadio.net – Federation International Football Association (FIFA) melansir di situs resminya bahwa PSIR Rembang memimpin klasemen sementara Indonesian Premier League (IPL).

Laman resmi FIFA di www.fifa.com menyebutkan bahwa Laskar Dampo Awang berhasil mengemas 14 poin dari delapan laga yang dilakoni di kompetisi resmi Tanah Air musim ini. Tercatat pula tim asuhan Haryanto itu berhasil mencetak 15 gol dan kebobolan 16 gol.

Di situs itu juga disebutkan bahwa urutan kedua ditempati Semen Padang dengan mengemas 13 poin dari lima kali pertandingan. Jawara IPL musim lalu ini berhasil mencetak 12 gol dan hanya sekali kebobolan. Sementara urutan ketiga dihuni Perseman Manokwari dengan mengemas 13 poin dari enam kali pertandingan. Tim asal Papua Barat itu mampu mengemas sembilan gol dan kebobolan empat gol.

Namun peringkat klasemen sementara tersebut berbeda dengan situs resmi IPL, ligaprima.co.id. Pada laman tersebut disebutkan bahwa PSIR Rembang nangkring di posisi keempat. Sementara pemuncak klasemen dihuni Semen Padang dengan mengemas 16 poin dari enam laga.

Dikonfirmasi terkait perbedaan klasemen tersebut, Chief Executive Officer (CEO) PT Rembang Sportindo Mandiri (RSM) Charis Kurniawan kepada reporter MataAir Radio, Sabtu (27/4) siang menjelaskan, tidak ada perbedaan pemakaian regulasi antara FIFA dengan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku operator IPL.

Charis menyebutkan saat ini memang ada perbedaan jumlah pertandingan yang telah dilakoni setiap tim di IPL. Ia menyebutkan bahwa urutan klasemen yang benar adalah situs resmi LPIS.

Namun ketika disinggung terkait klub yang menang secara walk out (WO) apakah FIFA tetap mencatat pertandingan dan memberikan poin atau tidak, Charis menyatakan memang ada regulasi terkait hal tersebut, namun pihaknya belum mengetahui secara pasti. Pihaknya baru berencana untuk mengkonfirmasi hal tersebut kepada PT LPIS agar lebih jelas dan gamblang.

Pelatih PSIR Rembang Haryanto mengaku tidak mengetahui mengapa ada perbedaan antara catatan FIFA dengan pihak PT LPIS. Pelatih berkacamata ini menduga bahwa pihak PT LPIS tetap memberikan poin kepada klub yang menang WO, namun dari pihak FIFA tidak mencatat kemenangan WO tersebut.

Pelatih berlisensi kepelatihan A dari PSSI ini juga menyebutkan berdasarkan regulasi yang dia ketahui selama ini, pihaknya menyebutkan bahwa klub yang menang WO memang tetap mendapat poin karena dinyatakan menang dengan skor 3-0. Sedangkan bagi klub yang tidak hadir dalam pertandingan nilainya dikurangi tiga poin.

Terlepas dari perbedaan klasemen tersebut, skuat PSIR merasa bangga bisa nangkring di urutan teratas di situs resmi FIFA. Namun capaian yang cukup membanggakan ini justru menjadi beban tersendiri bagi jajaran pelatih PSIR. Sebab mempertahankan posisi itu, jauh lebih sulit jika dibandingkan harus mengejar ketertinggalan di urutan klasemen. (Afta Ahmad)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan