Empat Kades Meninggal, Pilkades Serentak 6 Desember

Thursday, 7 September 2017 | 18:09 WIB

Kepala Sub-Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang Gunari. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Empat desa yang kepala desanya meninggal dunia di Kabupaten Rembang akan melakukan Pilkades secara serentak pada 6 Desember 2017.

Empat desa itu adalah Logung Kecamatan Sumber, Landoh Kecamatan Sulang, Ngroto Kecamatan Pancur, dan Karangmangu Kecamatan Sarang.

Kepala Sub-Bagian Tata Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Rembang Gunari menjelaskan, Pilkades secara serentak di empat desa tersebut karena tuntutan ketentuan.

“Karena penjabat kepala desa tidak boleh menjabat lebih dari satu tahun dan rumit kalau Pilkades antarwaktu maka kita lakukan Pilkades serentak di empat desa itu,” katanya.

Menurut Gunari, sebenarnya Pilkades serentak sempat dijadwalkan pada 22 November 2017, tetapi kemudian diundur menjadi pada 6 Desember 2017 guna pematangan persiapan.

“Tidak hanya empat desa itu, tetapi ada empat desa lain yang akan melakukan Pilkades serentak di waktu yang sama. Tapi empat desa ini karena Kades habis masa jabatan,” terangnya.

Mengenai tahapan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut, paling dekat adalah pembentukan panitia pemilihan kepala desa yang dimulai pada 25 September 2017.

“Saat ini, kami sedang melakukan koordinasi dengan BPD di desa-desa itu terkait pembentukan panitia Pilkades,” katanya.

Soal anggaran pelaksanan Pilkades serentak di delapan desa, ia menyatakan, akan dialokasi sekitar Rp280 juta.

“Anggaran tiap desa ya sama aturannya dengan Pilkades serentak tahap kedua tahun 2016 kemarin, disesuaikan antara lain dengan jumlah penduduk,” paparnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan