Empat Instansi Bantu Pemilik Rumah Ambruk di Sukoharjo

Selasa, 14 Februari 2017 | 13:37 WIB

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto memberikan bantuan kepada pemilik rumah roboh, Sudarko, warga Dukuh Jarakan Desa Sukoharjo Kecamatan Rembang, Selasa (14/2/2017) pagi. (Foto: Pujianto)

 

KOTA, mataairradio.com – Empat instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rembang mendatangi dan memberi bantuan bagi pemilik rumah ambruk, warga di Dukuh Jarakan Desa Sukoharjo Kecamatan Rembang, Selasa (14/2/2017) pagi.

Empat satuan kerja perangkat daerah itu adalah BPBD, Dinas Sosial dan PPKB, PMI, dan Bagian Kesra Setda Rembang. Instansi datang dengan dipimpin oleh Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto. Bantuan yang diberikan antara lain berupa sembako, perlengkapan keluarga, dan uang.

Berdasarkan pantauan, pihak BPBD memberi bantuan berupa sembako, mi instan, dan tikar. Dinas Sosial dan PPKB membantu perlengkapan keluarga. PMI memberi bantuan uang tunai satu juta rupiah. BPBD juga berencana membantu material untuk pembangunan rumah.

Bayu mengaku langsung melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan PMI setelah menerima informasi tentang musibah rumah ambruk milik keluarga Sudarko. Rumah kelurga miskin berbahan bambu dan sedikit kayu itu, ambruk akibat disapu angin kencang pada Rabu (8/2/2017).

Ia mengatakan sudah meminta kepada dinas terkait dan pihak Pemerintah Desa Sukoharjo agar melakukan pendataan dan melakukan verifikasi guna kepentingan pembangunan kembali rumah keluarga Sudarko. Masyarakat setempat pun dimintanya agar ikut bergotong-royong.

“Masyarakat membutuhkan kehadiran kita, mereka butuh gotong-royong dari semua. Kita sudah canangkan bahwa pemerintahan Hafidz-Bayu adalah pemerintah yang dekat dan bersama rakyat,” terangnya.

Kepala Desa Sukoharjo Lilik Harjanto menyatakan akan menggerakkan seluruh elemen masyarakat di daerahnya agar ikut membantu keluarga Sudarko sehingga kembali memiliki rumah. Rencananya, Pemdes Sukoharjo akan membantu material batu dan pasir guna membuat pondasi.

“Kami akan menggerakkan seluruh elemen masyarakat di desa ini untuk ikut membantu dalam membangun kembali rumah Sudarko. Pemdes akan membantu dalam pengadaan batu dan pasir untuk pondasi yang rencana akan dikerjakan pada minggu-minggu ini,” katanya.

Sementara itu, Sudarko menyatakan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak kepada keluarganya. Ia pun senang atas kedatangan Wakil Bupati beserta jajaran SKPD terkait.

“Saat ini saya bersama anak dan istri tinggal di rumah orang tua. Rencana kami bangun rumah lagi di sebelah utara di atas tanah milik saya sendiri, karena di sini tanah pinjam. Kami terima kasih Pemerintah ikut membantu kami,” ujarnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan