Duta Tangguh Bencana Terpilih Disiagakan Hadapi Kemarau

Kamis, 4 Agustus 2016 | 16:20 WIB
Rochmatul Minan, terbaik kedua duta tangguh bencana BPBD Kabupaten Rembang (dua dari kiri) berpose bersama Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Rembang Hanies Cholil (berkaos hitam) dan jajaran Satkorcab Banser GP Ansor Kabupaten Rembang, Kamis (4/8/2016). (Foto: Pujianto)

Rochmatul Minan, terbaik kedua duta tangguh bencana BPBD Kabupaten Rembang (dua dari kiri) berpose bersama Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Rembang Hanies Cholil (berkaos hitam) dan jajaran Satkorcab Banser GP Ansor Kabupaten Rembang, Kamis (4/8/2016). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang menyiagakan duta tangguh bencana guna menghadapi potensi bencana pada musim kemarau tahun ini.

Kamis (4/8/2016) siang, BPBD memilih tiga orang sebagai juara pertama, kedua, dan ketiga dari final pemilihan duta tangguh bencana tingkat Kabupaten Rembang yang semula diikuti oleh 20 orang dan menyisakan 10 orang di seleksi tahap terakhir.

“Mereka itu, tanpa membedakan yang juara atau yang tidak, akan menjadi sukarelawan baru dalam membantu mitigasi dan penanganan potensi serta saat terjadi bencana,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Rembang Suharso.

Dia menyebut peran duta tangguh bencana yang sekaligus menjadi sukarelawan baru dalam penanganan kebencanaan di Kabupaten Rembang, penting, karena jangkauan BPBD dalam urusan tersebut, terbatas.

“Kehadiran mereka bisa membantu kami dalam menyampaikan kepada masyarakat mengenai sosialisasi langsung kerawanan bencana, menarik simpati masyarakat agar bergerak mengantisipasi bencana, mengedukasi masyarakat secara intens mengenai kebencanaan,” paparnya.

Menurut Suharso, para duta tangguh bencana akan langsung difungsikan guna antisipasi dan penanganan potensi bencana di musim kemarau, termasuk apabila diperlukan penyaluran bantuan air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekeringan atau krisis air bersih.

Sementara itu, tiga duta tangguh bencana terbaik masing-masing terbaik pertama adalah Eka Aldi Kiswanto, kemudian terbaik kedua adalah Rochmatul Minan (Banser GP Ansor Rembang), dan terbaik ketiga Dwi Ahsan Basori (Ubaloka dan juga Banser GP Ansor Rembang).

“Senang bisa menjadi salah satu yang terbaik dari duta tangguh bencana tahun ini, sekaligus mengharumkan kiprah Banser GP Ansor Rembang serta membantu masyarakat dalam hal kebencanaan,” ujar Rochmatul Minan.

Ia menyebutkan, seleksi duta tangguh bencana digelar dengan berbagai tahap yaitu tes fisik berupa lari, sit up, dan push up, kemudian tes tulis seputar kebencanaan, serta tes wawancara juga seputar kebencanaan dan profil pribadi.

“Dari Banser ada tiga yang mengikuti seleksi ini, dengan tujuan yang sama, yakni berkhidmat bagi masyarakat. Kalau kemudian ada yang juara, itu bonus saja. Kami senang bisa menjadi bagian dari sukarelawan kebencanaan di kabupaten ini,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan