DPT Segera Ditetapkan, Jumlah Pemilih Berkurang dari DPS

Senin, 16 April 2018 | 19:39 WIB

Logo KPU.

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang akan segera menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilgub Jawa Tengah 2018.

“Penetapan DPT dijadwalkan pada Kamis, 19 April mendatang,” ungkap Komisioner KPU Kabupaten Rembang Nurul Muasiroh, Senin (16/4/2018).

Ia menjelaskan, penetapan DPT pada tanggal tersebut sesuai dengan arahan dari KPU Provinsi Jawa Tengah.

“Pertimbangannya, terkait dengan data pemilih potensial non-KTP elektronik (yang jumlahnya 12.376 orang),” terangnya.

Nurul menegaskan, KPU perlu memastikan data terbarukan dari pemilih potensial non-KTP elektronik hingga 18 April, sehingga penetapan DPT digelar 19 April nanti.

Secara umum, Nurul menyebutkan, jumlah pemilih dalam DPT akan banyak berkurang dari DPS. Jumlah DPS Pilgub Jawa Tengah 2018 di Kabupaten Rembang 482.708 orang.

“(Kalau dibandingkan DPS) Tidak tambah, malah berkurang,” katanya.

Ia belum bisa menyebutkan berapa persen berkurangnya.

Hanya saja, Nurul mengungkapkan, penyebab berkurangnya DPT dari DPS adalah banyak data pemilih yang ganda dan meninggal.

“Pemilih yang meninggal, sejak penetapan DPS (pada 14 Maret 2018), hingga pengumuman DPS berakhir (pada 2 April lalu), berkisar di angka 1.100-an orang,” ujarnya.

Pada penetapan DPT nanti, KPU akan mengundang tim pasangan calon, Panwaslu tingkat kabupaten, Dinpendukcapil, bagian pemerintahan Setda, serta pihak Kodim dan Polres Rembang.

Sementara itu, mengenai tempat penetapan DPT, Nurul menambahkan, masih dirapatkan.

“Kami mempertimbangkan melakukan penetapan DPT di Kantor KPU atau di luar kantor,” imbuhnya.

Pilgub Jateng akan digelar pada 27 Juni 2018. Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah akan berebut suara dari masyarakat Jawa Tengah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan