KPU Ungkap Kerawanan Distribusi Logistik Pilpres dari Kecamatan

Selasa, 1 Juli 2014 | 16:22 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net – Seluruh logistik untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Kabupaten Rembang telah tuntas dikirimkan oleh KPU ke setiap kecamatan. Pada Selasa (1/7) pagi, setiap panitia pemilihan kecamatan atau PPK, melakukan “setting” logistik untuk dikirimkan ke setiap desa.

Sejumlah kerawanan muncul ketika logistik Pilpres akan dikirimkan dari kecamatan, di antaranya mengenai kelengkapan perlengkapan sebelum masuk ke dalam kotak. Jika ada yang terlewatkan, sementara kotak sudah terlanjur disegel, maka harus dibuka lagi. Dan kejadian ini bisa memicu beragam dugaan.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftuhin menyebutkan, logistik yang harus masuk ke kotak sebelum disegel dan dikirimkan dari kecamatan ke PPS adalah surat suara, sampul, berita acara, alat coblos, dan alat kelengkapan tulis. Untuk menekan kerawanan ini, buku panduan logistik disiapkan.

Pengepakan atau “setting” logistik Pilpres di tingkat PPK ditarget beres sebelum tanggal 5 Juli. Sebab, menurut Maftuhin, sebelum tanggal 8 Juli, logistik sudah harus diterima oleh Panitia Pemungutan Suara di setiap desa.

Pihak KPU menargetkan, pada tanggal 8 Juli, semua logistik Pilpres sudah harus berada di tingkat kelompok panitia pemungutan suara. Sejauh pengamatan KPU, meski ada kerawanan kekurangan logistik yang terlewat, namun belum ada temuan khusus di tingkat kecamatan.

Sementara mengenai, kekurangan logistik berupa tambahan dua persen surat suara dari DPT, sudah direspon oleh KPU Pusat melalui Biro Logistik. Hasil konfirmasi terakhir, tambahan surat suara sebanyak sekitar 6.000 lembar ini akan diterima dalam pekan ini.

Sementara itu, terkait kerawanan di Pilpres, Pemkab Rembang merapatkan barisan. Selasa (1/7) siang, rapat koordinasi mengenai kesiapan logistik dan pengamanan Pilpres 2014 digelar. Rapat ini melibatkan KPU, Panwaslu, Polres, Kodim, dan Pemkab Rembang. Tujuan utama rapat ini adalah memastikan kesiapan dan ketercukupan logistik serta kesiapsiagaan pengamanan Pilpres. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan