Disiplin PNS Diklaim Meningkat Karena Kalung Merah

Friday, 13 May 2016 | 16:06 WIB
Seorang polisi pamong praja mengawasi presensi pegawai di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Rembang menjelang apel pagi, belum lama ini. (Foto: mataairradio.com)

Seorang polisi pamong praja mengawasi presensi pegawai di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Rembang menjelang apel pagi, belum lama ini. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang mengklaim tingkat kedisiplinan para pegawai negeri sipil (PNS) meningkat setelah kebijakan kalung merah berlaku sejak 2 Mei 2016.

“Sejak dicanangkan oleh Bupati pada 2 Mei dan ditindaklanjuti tim disiplin Kabupaten Rembang, sampai saat ini efeknya luar biasa. Semua karyawan menaati aturan,” ungkap Asisten Administrasi Kepegawaian Sekda Rembang Abdullah Zawawi.

Ia yang ditemui wartawan pada Jumat (13/5/2016) menjelaskan, peningkatan tingkat disiplin PNS tampak dari pelaksanaan apel pagi yang digelar di tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Program kalung merah hanya untuk memberikan efek rasa malu saja. Tidak untuk mempermalukan pegawai. Hanya untuk mengingatkan bahwa kerja PNS dimulai sejak dari apel pagi,” tandasnya.

Mengenai jumlah pegawai yang mendapat kalung merah karena indisipliner dalam rentang dua minggu terakhir, Zawawi menyatakan jumlahnya relatif sedikit.

Sayangnya, mantan Kepala BKD ini tidak menyebutkan jumlah PNS yang indisipliner secara terperinci, padahal mereka yang misalnya tidak ikut apel diawasi dan dicacat oleh petugas Satpol PP.

“Selain melakukan monitor sendiri, Satpol PP juga mengawasi langsung. Tim disiplin itu kan ada tiga, kami Asisten III, kemudian dari inspektorat, dan dari BKD,” katanya.

Ia menyebutkan, SKPD yang sudah dimonitornya secara langsung antara lain Dinbudparpora, Dinsosnakertrans, dan Dinpendukcapil, sedangkan Inspektorat telah memonitor DKK, KPPT, dan Bappeda.

“BKD telah memonitor Dinas PU, Kesbangpolinmas, dan Dinperindagkop UMKM. Monitor terus digencarkan untuk meningkatkan disiplin PNS yang muaranya untuk peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan