Disarankan Ditunda, Kades Tetap Lantik Perangkat Desa Meteseh

Saturday, 23 December 2017 | 16:08 WIB

Pelantikan perangkat di Desa Meteseh Kecamatan Kaliori, Jumat (22/12/2017). (Foto: mataairradio.com)

 

KALIORI, mataairradio.com – Empat orang perangkat desa yang lolos seleksi di Desa Meteseh Kecamatan Kaliori tetap dilantik pada Jumat (22/12/2017) pagi kemarin.

Meskipun, panitia sempat mengusulkan adanya penundaan pelantikan karena ada warga yang mengadu kepada polisi lantaran menduga ada indikasi kecurangan dalam proses seleksi.

Ahmadi, salah seorang panitia pengangkatan perangkat di Desa Meteseh membenarkan sudah dilakukannya pelantikan perangkat desa.

“Pelantikan itu setelah adanya rekomendasi dari pihak Pemerintah Kecamatan Kaliori,” katanya kepada mataairradio.

Soal usulan panitia yang akhirnya diabaikan, pihaknya tidak terlalu mempersoalkan. Legawa atau tidak legawa, menurutnya, keputusan pelantikan sudah final.

“Ini justru menunjukkan bahwa warga Meteseh kini kritis dalam berdemokrasi. Tanda kemajuan pesat,” ujarnya.

Camat Kaliori Mustolih menyatakan menghadiri pelantikan perangkat di Desa Meteseh. Ia datang karena diundang.

Soal sempat adanya usulan dari panitia untuk menunda pelantikan, ia mengaku justru tidak mendengar.

“Saya memang datang karena diundang oleh Pak Kades Meteseh. Saya meyaksikan pelantikan. Tetapi soal panitia sempat mengusulkan penundaan pelantikan ke Kades, saya malah tidak dengar,” katanya.

Baginya, tidak ada masalah dengan aduan warga kepada polisi. Ia mempersilakan dan menghargai protes dari mereka yang tidak lolos seleksi. Apalagi itu merupakan hak masyarakat.

“Saya menghargai (aduan) itu. Itu hak,” tandasnya.

Menurutnya, hasil seleksi bisa saja dibatalkan, kalau memang ada keputusan hukum. Namun sejauh ini, belum ada rekomendasi dari Pemkab Rembang, termasuk menunda pelantikan.

“Karena nggak ada rekomendasi apapun dari Pengawas di tingkat kabupaten, ya jalan pelantikan. Kalau nanti ada keputusan lain (yang bersifat mengikat), bisa dibatalkan,” katanya.

Kepala Desa Meteseh Sunarto belum bisa dikonfirmasi mengenai pelantikan perangkat di desanya. Namun sebelumnya ia pernah menyatakan membantah adanya indikasi kecurangan dalam seleksi perangkat di desanya.

Ia mengatakan, semua proses seleksi sudah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Seleksi perangkat di Desa Meteseh diikuti oleh 41 orang, sedangkan jabatan perangkat yang lowong empat orang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan