Dikunjungi Pangdam, Anggota Kodim Rembang Diminta Netral pada Pilgub

Wednesday, 10 January 2018 | 15:30 WIB

Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto saat berkunjung ke Markas Kodim 0720 Rembang, Rabu (10/1/2018) pagi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0720 Rembang diminta bersikap netral pada Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun ini.

Permintaan itu disampaikan oleh Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto saat berkunjung ke Markas Kodim 0720 Rembang, Rabu (10/1/2018) pagi.

Pangdam perlu menyampaikan pesan itu, karena menurut survei, TNI dianggap sebagai komponen negara yang paling dipercaya.

“Hasil survei dari lembaga survei bahwa TNI paling dipercaya oleh publik. Itu disampaikan sendiri oleh Presiden dengan hasil survei 94 persen.

Saya juga ingin meyakinkan perintah pimpinan masalah netralitas TNI di tahun politik. Ini menjadi komitmen seluruh prajurit TNI,” katanya.

Sebagai pejabat baru, Wuryanto juga perlu berkunjung ke setiap Kodim.

“Saya ini pejabat baru ingin tahu persis apa yang jadi tugas dan masalah serta kesulitan anak buah saya di semua wilayah,” tandasnya.

Pangdam berjanji menindak tegas anggota TNI yang terbukti tidak netral pada Pilgub Jawa Tengah, sesuai aturan yang berlaku.

Ia menyatakan akan memberikan penyuluhan kepada anggotanya, agar menjaga netralitas pada Pilgub.

Pangdam mengatakan, TNI juga terlibat langsung dalam pengamanan Pilgub Jawa Tengah.

6.000 personel TNI diterjunkan untuk membantu polisi. Polda Jateng juga sudah membentuk tim siber anti-kampanye hitam.

“Kita terlibat langsung dalam pengamanan Pilkada, mem-backup Polri. Sukses penyelenggaraan dan pelaksanaan,” tegasnya.

Mayjen Wuryanto tiba di Rembang sejak Selasa sore 9 Januari kemarin. Namun dia langsung menuju Pesantren Al-Anwar Sarang guna mengungjungi KH Maimoen Zubair.

Di pesantren ini, Pangdam sempat menyanyikan bareng lagu hubbul wathan atau cinta tanah air bersama Mbah Maimoen.

Setelah dari Rembang, ia dijadwalkan berkunjung ke Kodim lainnya yaitu Pati, Kudus, Jepara, dan terakhir Demak. Sebelum Rembang, Pangdam sudah lebih dulu berkunjung ke Blora.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan