Dibuka, Rekrutmen Panwas Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa

Jumat, 22 Desember 2017 | 18:10 WIB

Logo Bawaslu

 

REMBANG, mataairradio.com – Panitia pengawas Pemilu di tingkat kecamatan se-Kabupaten Rembang mulai melakukan perekrutan panitia pengawas Pemilu di level kelurahan atau desa pada Sabtu 23 Desember 2017.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu di Kabupaten Rembang Totok Suparyanto mengatakan, pengumuman rekrutmen Panwaslu tingkat desa dilakukan mulai Sabtu (23/12/2017) ini dan sudah langsung menerima pendaftaran.

“Hari ini, teman-teman (Panwascam) maksimal melaksnakan pleno untuk membentuk kelompok kerja,” katanya kepada mataairradio.com, Jumat (22/12/2017).

Pengumuman berlangsung sampai dengan 26 Desember 2017, tetapi penerimaan berkas pendaftaran maksimal 28 Desember 2017.

“Pendaftar yang berkasnya belum lengkap diberi waktu memperbaiki hingga 31 Desember 2017,” katanya.

Totok menyebutkan, syarat Panwaslu level desa antara lain berusia minimal 25 tahun, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, berdomisili di desa setempat dibuktikan dengan KTP, dan siap bekerja penuh waktu.

Selain itu, syarat lainnya adalah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya lima tahun saat mendaftar, dan tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu.

“Hal barunya adalah Panwaslu level desa wajib mengundurkan diri dari pengurus Ormas, baik yang terdaftar maupun belum terdaftar tingkat kabupaten; ketika diterima,” katanya.

Rencananya, pengumuman bagi pendaftar yang lolos administrasi akan dilakukan pada 3 Januari 2018. Bagi yang lolos, akan dilanjutkan tes wawancara yang jadwalnya dilaksanakan pada 3-9 Januari 2018.

Adapun pengumuman pendaftar yang lulus akan dilaksanakan pada 10 Januari 2018. Pelantikan untuk Panwaslu di tingkat kelurahan/desa dijadwalkan pada 11-14 Januari 2018.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan